Athletic Bilbao Tahan Imbang Real Madrid

Isco saat lawan Athletic Bilbao. © AFP

Hargo.co.id – Real Madrid harus rela berbagi satu poin saat melawan Athletic Bilbao. Bermain di San Mames, Minggu (3/12) dini hari, Los Blancos hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan tuan rumah.

Bertindak sebagai tamu, Real Madrid langsung tampil menggebrak begitu peluit pertandingan dibunyikan. Di awal-awal pertandingan, Madrid langsung membuat peluang emas untuk mencetak gol. Sayang tembakan dari Karim Benzema itu masih membentur tiang gawang.

Tuan rumah Athletic Bilbao juga bermain agresif menekan pertahanan Madrid. Pada menit ke-13, Athletic mendapat peluang emas dari umpan silang Carlos de Marcos yang disambut dengan tandukan dari Aduriz. Namun kiper Real Madrid, Keylor Navas masih sigap mengantisipasi sundulan itu.

Tiga menit kemudian Real Madrid kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Kali ini giliran Cristiano Ronaldo yang mendapatkan peluang. Namun lagi-lagi peluang tim tamu masih mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Bilbao, Kepa.

Pertandingan semakin seru memasuki menit ke-20. Tuan rumah tampil begitu agresif dan tak malu-malu meladeni permainan menyerang dari juara bertahan. Bahkan Real Madrid terlihat keteteran menghadapi permainan agresif dari tim asuhan Jose Angel Ziganda tersebut.

Memasuki menit ke-28, tuan rumah mendapatkan peluang lewat aksi Inaki Williams. Namun sepakannya masih terlalu mudah bagi Keylor Navas. Begitu pula dengan peluang dari Aritz Aduriz sementi kemudian juga masih belum mampu menemui sasaran.

Di menit-menit akhir babak pertama, Madrid memiliki peluang lewat tembakan Toni Kroos dan juga upaya dari Benzema, namun dua peluang itu masih belum menemui sasaran. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Permainan agresif tuan rumah tak berubah di awal babak kedua. Tiga menit usai turun minum, San Mames nyaris bersorak. Namun peluang dari Aduriz mampu dengan baik diantisipasi oleh Keylor Navas. Begitu juga dengan upaya dari Raul Garcia semenit kemudian juga belum membuahkan hasil.

Bilbao kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-56. Kali ini peluang didapatkan lewat Markel Susaeta yang mendapatkan umpan dari Inaki Williams. Namun sayang, peluang emas itu kembali gagal berbuah hasil karena Navas masih terlalu tangguh di bawah mistar gawang Los Blancos.

Setelah beberapa kali keteteran menghadapi permainan intens tuan rumah, Real Madrid memiliki peluang untuk mencetak gol pada menit ke-63. Namun sayang, Isco yang berdiri tanpa kawalan gagal memaksimalkan umpan Ronaldo menjadi gol setelah tembakannya diblok oleh Mikel Rico dalam waktu yang tepat.

Pada menit ke-72, giliran Isco yang memberikan umpan kepada Ronaldo di muka kotak penalti. Namun Ronaldo juga gagal menjadikannya gol setelah tembakannya membentur sisi kiri tiang gawang Bilbao.

Memasuki menit ke-80, Madrid melakukan perubahan dengan menarik keluar Karim Benzema dan Isco untuk memasukkan Borja Mayoral dan Mateo Kovacic. Namun pada menit ke-86 mereka justru harus bermain dengan 10 pemain karena Sergio Ramos mendapatkan kartu kuning kedua, yang membuatnya diusir ke luar lapangan setelah dinilai menyikut Aduriz dalam duel udara. Skor tanpa gol bertahan hingga pertandingan usai.

Hasil seri ini membuat Real Madrid gagal mendekati perolehan poin Barcelona yang sebelumnya juga bermain imbang 2-2 melawan Celta Vigo. Los BLancos kini bahkan harus turun ke posisi keempat dengan 28 poin, tertinggal delapan poin dari puncak klasemen yang ditempati Barcelona.

Susunan Pemain

Athletic Bilbao: Kepa; De Marcos, Etxeita, Nunez, Balenziaga; Iturraspe, Mikel Rico; Williams, Raul Garcia, Susaeta; Aduriz
Subs: Herrerin, Boveda, Mikel San Jose, Lekue, Merino, Aketxe, Cordoba
Real Madrid: Keylor Navas; Carvajal, Ramos, Varane, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Isco; Benzema, Ronaldo
Subs: Casilla, Ceballos, Nacho, Hernandez, Kovacic, Vazquez, Mayoral. (bola/dzi/hg)