Baca Ini… Resiko Posisi Duduk Menyilangkan Kaki ke Atas Kaki Lainnya

ilustrasi

Hargo.co.id Posisi duduk dengan menyilangkan kaki ke atas kaki lainnya memang sangat nyaman. Bahkan bagi sebagian wanita, posisi duduk ini bisa membuat kaki jenjangnya terlihat sempurna.

Namun tahukan Anda bahwa ada beberapa fakta unik tentang menyilangkan kaki? Ini diantaranya, seperti dilansir laman Care2, Rabu (3/2).

1. Meningkatkan tekanan darah Anda

Beberapa studi telah menemukan bahwa meletakkan satu kaki di atas yang lain ketika duduk membuat tekanan darah lebih tinggi. Tapi tekanan darah tinggi ini tidak berlangsung lama.

Beberapa studi mengambil tindak lanjut darah pembacaan tekanan tiga menit setelah peserta meluruskan kaki mereka dan menempatkan kaki mereka rata di lantai. Tekanan darah mereka telah kembali ke tingkat normal lagi.

Inilah sebabnya mengapa perawat dan dokter biasanya akan meminta Anda untuk uncross kaki Anda ketika Anda sedang melakukan test tekanan darah. Ini penting saat tes, namun belum terbukti memiliki dampak yang langgeng pada tekanan darah Anda secara keseluruhan.

2. Mengakibatkan varises

Tuduhan ini tampaknya murni sebuah mitos perkotaan. Setidaknya 12 penelitian besar telah melihat faktor risiko untuk varises dan menyilangkan kaki Anda tidak ditemukan menjadi akibat varises.

Varises disebabkan oleh katup melemah di pembuluh darah Anda yang biasanya mengontrol aliran darah. Ketika katup ini melemah, darah tidak bisa bergerak dengan baik. Hal ini menciptakan vena yang membesar disebut varises.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa faktor risiko terbesar untuk varises adalah kurangnya olahraga dan gaya hidup, merokok, obesitas, tekanan darah tinggi dan riwayat keluarga varises.

3. Bisa menyebabkan kerusakan saraf.

Memang benar bahwa menyilangkan kaki Anda bisa membuat kaki Anda atau kaki mati rasa. Tapi ini hanya sementara. Mati rasa ini disebabkan jika menempatkan tekanan pada saraf peroneal belakang lutut ketika kaki Anda disilangkan.

Sebuah kondisi yang disebut kelumpuhan saraf peroneal bisa berkembang dari tetap di posisi yang sama untuk waktu yang lama.

4. Menempatkan beban pada sendi Anda.

Hal ini sebagian benar. Menyilangkan kaki Anda akan mengurangi aksi otot perut Anda, yang menyebabkan otot-otot punggung Anda mengencang sedikit.

Tapi hal ini tidak menjadi masalah bagi Anda kok karena menyilangkan kaki Anda tidak mungkin memiliki pengaruh negatif pada sendi Anda. Bahkan, beberapa studi telah benar-benar menemukan bahwa menyilangkan kaki Anda bisa bermanfaat.

Sebuah studi dari University Medical Centre di Rotterdam menunjukkan bahwa postur kaki disilangkan bisa berkontribusi untuk stabilitas yang lebih besar pada sendi panggul Anda. Studi lain merekomendasikan bahwa crossing kaki harus dimasukkan ke dalam desain tempat kerja karena menyilangkan kaki Anda sangat bermanfaat.(fny/fri/jpnn)