Balap Motor Diberantas, Kini Jalan By Pass Bonbol Jadi Sirkuit Balap Mobil Liar

0
Ilustrasi : Balap Liar

TILONGKABILA, hargo.co.id – Ketika di Kota Gorontalo balap liar motor terus diberantas pihak kepolisian. Kini jalan by pass Bone Bolango (Bonbol) pun dijadikan sebagai sirkuit balap mobil oleh orang-orang tak dikenal.

Terakhir kali, aksi dragrace ilegal itu terjadi pada Minggu (18/6) dini hari.

Pantauan Gorontalo Post, aksi balapan mobil itu dimulai sekitar pukul 01.00 Wita. Sejumlah mobil, bahkan puluhan mobil, sudah berkumpul. Adapun jenis-jenis mobil diantara Honda Jazz, Yaris, APV, Terios, Avanza dan mobil minibus sejenisnya.

Terpantau, rata-rata rider-rider tersebut dilakoni anak muda yang belum diketahui identitasnya. Untuk balapan sendiri, mereka tak ragu menggunakan dua jalur penuh dan jalan bebas hambatan ini. Dan untuk garis start, dimulai dari pertengahan by pass dan finish di Center Poin Tilongkabila.

By pass Bonbol dijadikan sirkuit balap mobil liar ini tidak usah ditanyakan lagi. Selain strategis, kawasan ini pada dini hari relatif sepi dari mobilitas warga yang menggunakan kendaraan bermotor. Pemilihan by pass Bonbol juga diyakini pas mengingat di wilayah Kota Gorontalo, jajaran kepolisian tengah intens memberantas aksi balap liar.

Disisi lain, warga sekitar lokasi jalan by pass Bonbol pun mengaku sangat terusik dengan aksi balap liar mobil ini, terutama suara knalpot racing mobil. Maklum, meski tidak sebising knalpot sepeda motor, kondisi alam yang sepi di malam hari membuat suara sekecil apapun sangat terasa.

Iwan, salah seorang warga sekitar mengakui hal itu. Menurutnya, aksi balap liar ini dirasakan belum terpantau oleh pihak kepolisian karena belum sempat ada penggerebekan disana. Akibatnya, warga sekitar sulit beristirahat pada tengah malam.

“Dorang biasa jam-jam 12 (malam) keatas. Kalau so ada dorang, baribut skali dorang pe knalpot oto,” ungkap Iwan.

Kapolres Bone Bolango, AKBP Robin Lumban Raja melalui Kasat Lantas, AKP Ismet Yusuf menyatakan pihaknya akan melakukan patroli di sepanjang jalan by pass tersebut guna menindaklanjuti keresahan warga setempat. Jika mereka tertangkap, maka siap-siap sanksi tegas yang menanti.(tr-54/hargo)