Bali, Bintan, Dijuluki Penyelenggara Triathlon Terbaik Asia 2016

Ilustrasi

Hargo.co.id JAKARTA – Sport tourism Indonesia lagi-lagi mendapat pengakuan dunia internasional. Dua agenda yang disupport Wonderful Indonesia Kemenpar, dan pemerintah daerah, dinobatkan menjadi event olahraga terbaik di tiga kategori untuk level Asia. Best Overall Short Course Triathlon in Asia 2016 menjadi milik Bali International Triathlon. Lagi-lagi Pulau Dewata Bali memang mempesona dan menjadi surganya aktivitas wisata berbasis olahraga.

Gelar Best Long Distance Triathlon Swim Course in Asia 2016 jatuh pada Ironman 70.3 Bintan, Kepri. Satu gelar lainnya direbut Ironman 70.3 Bintan untuk kategori Best Long Distance Triathlon Bike Course in Asia 2016. Wow, dua kategori diborong oleh Bintan, yang lokasi geografisnya berdekatan dengan Singapore maupun Malaysia.

Pengakuan ini dirilis AsiaTri.com, sebuah situs yang mengcover 60 agenda sport tourism di 12 negara. Ulasannya fokus pada triathlon yang mengarah pada kejuaraan dunia.” Best Overall Short Course Triathlon in Asia 2016 adalah Bali International Triathlon,” tulis AsiaTri.com, dalam situs resminya, Rabu, 14 Desember 2016.

“Terima kasih atas segala apresiasinya. Ini pengakuan yang luar biasa untuk event olahraga yang digelar di Bintan,” sebut Luki Zaiman Prawira. Baginya, reputasi itu mahal. Penghargaan seperti ini tidak diperoleh dengan cara yang mudah. Tetapi melalui kerja keras dan pelayanan yang prima, agar semua peserta Ironman 70.3 merasakan kenyamanan, comfortable dan asyik.

Sedangkan, Bali International Triathlon dinilai layak menjadi yang terbaik di Asia lantaran sensasi lombanya sangat unik. Para peserta, terutama atlet asing, bisa mengikuti upacara pemberkatan untuk sepeda sebelum lomba. Selain itu, ada juga pesta pasta menarik di pantai. Dan setelah balapan, para peserta bisa menikmati koktail mewah sambil menikmati sunset di Pantai Sanur. Ini tidak bisa didapatkan di lomba manapun.

Karenanya, pada 2015 silam, Bali International Triathlon juga pernah dinobatkan sebagai Best destination race – short course” oleh AsiaTri. Faktor keamanannya? Dinilai salah satu yang terbaik di dunia. Dari mulai Jimbaran Bay ke Pantai Sanur, lalu lintas ditutup 100% untuk semua kendaraan. Kualitas jalannya pun sangat bagus. Setara dengan road race tingkat dunia.

Di laut, peserta juga bisa menikmati coral beraneka ragam dan kehidupan bawah laut yang keren-keren. Kedalamannya hanya dua meter. Sangat aman untuk ukuran pemula sekalipun.