Bangga Pesona GMT Bisa Hadir di Google Doodle dan Instagram

Gerhana Matahari Total yang menjadi Google Doodle. (screenshot hargo.co.id)

Hargo.co.id JAKARTA – Orang Yunani kuno boleh saja beranggapan gerhana matahari merupakantanda bencana dan kerusakan. Awal dari kemarahan Tuhan. Di India, sah-sah saja masyarakatnya percaya jika gerhana matahari bisa meracuni tanaman dan makanan yang mereka miliki.

Tapi bagi Kemenpar, Gerhana Matahari Total (GMT) adalah momen sejuta makna. Banyak devisa yang didulang. Banyak rezeki nomplok melalui proomosi gratis bahkan sampai berkibar jadi trending topic worldwide di twitter, google doodle dan instagram.

Ya, Google ikut merayakan momen gerhana Matahari dengan memasang doodle bertema fenomena alam tersebut pada logonya. Pengguna Google yang mengunjungi halaman pencarian hari ini, Rabu (9/3/2016), akan menemukan logo Google dengan gambar Bumi menggantikan salah satu huruf ‘O’.

Doodle tersebut menampilkan animasi menarik mengenai fenomena gerhana matahari. Bulan sedang mengitari Bumi, dan di satu titik berhenti sehingga menghalangi Bumi dari sinar Matahari.

Ketika diklik, seperti biasanya, doodle akan mengarahkan pengguna ke berbagai update mengenai peristiwa gerhana Matahari, baik berupa berita, artikel, foto-foto maupun video.

“Terima kasih Google, turut mempromosikan Wonderful Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya yang memang sudah kenal baik dengan Serge Brit, pendiri situs terbesar di dunia itu.

Media sosial yang berisi gambar-gambar, Instagram juga tak mau ketinggalan. Hingga Rabu sore, netizen terus berlomba memberikan update melalui akun media sosial mereka. Unggahan foto dan video menit ke menit GMT membanjiri linimasa instagram. Menggulir ke bawah, para Instagramer berlomba-lomba menyuguhkan foto terbaik untuk para pengikut masing-masing.