Bantaran Sungai DiJadikan Tempat Pembuangan Sampah

Wajah Sungai Biawu nyaris terkesan sebagai tempat pembuangan sampah pendudukan bantaran sungai.(Foto Jalal/GP)

Hargo.co.id GORONTALO – Bantaran sungai di Kelurahan Biawu Kota Selatan Kota Gorontalo, rupanya harus segera mendapat perhatian dari pemerintah. Kawasan sungai yang dipadati dengan pemukiman penduduk itu, kini telah dimanfaatkan sebagai alternatif tempat pembuangan sampah.

Bagaimana tidak, kondisi sungai di Kelurahan Biawu ini, tidak saja dijamuri tanaman Eceng Gondok yang tumbuh subur mengapung dan mulai menutupi permukaan sungai, bahkan mirisnya lagi wajah sungai mulai terkesan rusak dan semraut akibat banyak sampah berserakan tepat ditepi sungai.

Parahnya sampah-sampah itu menumpuk tepat dibawah jendela pemukiman rumah warga yang kondisinya padat berjejer sepanjang bantaran sungai. Mulai dari sampah olahan dapur, sisa kemasan berbahan plastik dan sampah barang perlengkapan rumah lainnya dibiarkan menumpuk.

Perilaku masyarakat yang tak peduli dengan kebersihan lingkungan itu, sengaja mengabaikan sungai dan malah menjadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

Salah seorang warga yang sempat diwawancarai mengaku, jika kondisi seperti ini sudah merupakan hal yang biasa bagi warga setempat.” Haha, Sudah begitu sekarang sampah dimana-mana kalau disini sudah biasa lihat seperti itu, ” ujar Yono salah satu penjual dijembatan Biawu.(csr/hargo)