Banyak Diminati, Pendaftaran PPK dan PPS di Dominasi Pemuda

Salah seorang warga Kota Gorontalo saat mengambil formulir pendaftaran PPK dan PPS di Kantor KPU Kota Gorontalo, senin (16/10) (F. Humas KPU Kota Gorontalo)

GORONTALO, hargo.co.id – Animo masyarakat di Kota Gorontalo untuk menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) penyelenggaraan pemilihan kepala daerah terbilang tinggi.

Hal ini terbukti sejak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo mengumumkan dan membuka pendaftaran seleksi perekrutan PPK dan PPS untuk agenda pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 itu, meja pelayanan pendaftaran calon anggota PPK dan PPS di sekretariat KPU Kota GOrontalo dalam bebereapa hari ini nyaris tak pernah lengang kehadiran para pendaftar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) KOta Gorontalo, La Aba, S.Pd M.Pd menyebutkan Sejak hari pertama penerimaan pendaftaran kemarin, jumlah pendaftar calon anggota PPK di KPU terdata sudah mencapai 71 orang dan jumlah pendaftar PPS sudah mencapai 30 orang.

“Sementara ini jumlah pendaftar PPK dan PPS yang mendaftar di KPU dan pendaftar calon anggota PPS yang mendaftar cukup membludak,” ujar La Aba disela pelaksanaan pemasukan berkas pendaftaran Partai Politik calon peserta Pemilu 2019.

Sesuai jadwal, pendaftaran calon anggota PPK akan dibuka sampai dengan Senin 16 Oktober 2016, sedangkan pendaftaran calon anggota PPS baru akan ditutup tanggal 20 Oktober 2017.

Pendaftar yang memenuhi syarat administrasi selanjutnya akan diseleksi melalui seleksi tertulis dan tes wawancara, untuk memperebutkan lowongan anggota PPK lima orang per kecamatan dan lowongan anggota PPS sebanyak tiga orang per desa dan kelurahan. Lebih lanjut La Aba mengatakan, untuk proses seleksi sendiri sudah ditunjuk tim khusus yang akan bertugas untuk itu.

Selanjutnya, para anggota PPK dan PPS ini sudah akan ditunggu oleh sejumlah pekerjaan yang terbilang tidak mudah. Salah satunya adalah melakukan verifikasi secara faktual anggota partai politik, yang nantinya akan menjadi panduan KPU untuk melolos tidakkan partai politik menjadi peserta Pemilu 2019 mendatang.

Sejauh ini, pantauan Gorontalo Post, dalam beberapa hari penerimaan pendaftaran PPK dan PPS di KPU kota Gorontalo antrean pendaftar didominasi kalangan masyarakat usia muda kisaran usia antara 20 hingga 30 tahun.  Disamping itu banyak juga pendaftar berusia di atas 40 tahun. (tr-45/hargo)

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →