Bayaran Bos Google Tertinggi se-AS

ilustrasi

Hargo.co.id NEW YORK – Sundar Pichai menjadi chief executive officer (CEO) dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat (AS). CEO Google itu baru saja menerima dividen sebesar USD 199 juta atau setara dengan Rp 2,7 triliun dari induk perusahaan, Alphabet Inc.

Kemarin (9/2) BBC melaporkan bahwa pria 43 tahun yang baru menjabat CEO Google pada Oktober lalu itu mendapatkan bagian saham paling besar. ’’Pichai menerima 273.328 lembar saham Alphabet pada 3 Februari.

Nilai total saham tersebut mencapai USD 199 juta,’’ terang Komisi Saham dan Sekuritas AS dalam pernyataan tertulisnya.

Berkat dividen dari perusahaan induk Google itu, nilai total saham Pichai mencapai sekitar USD 650 juta (Rp 8,87 triliun). Sesuai aturan perusahaan, dividen tersebut akan diberikan secara bertahap.

Yakni, tiap triwulan sampai 2019 asalkan tokoh kelahiran Kota Chennai, Negara Bagian Tamil Nadu, India, itu masih bertahan di Google.

Sebelum menjabat CEO, Pichai dikenal sebagai product chief di bawah kepemimpinan Larry Page. Sejak bergabung pada 2004, karirnya memang terus menanjak.

Dia ikut membidani lahirnya Google Chrome, Chrome OS, serta Google Drive. Dia juga bertanggung jawab atas perkembangan Gmail dan Google Maps. (BBC/theguardian/indiatimes/hep/c20/ami/hargo)