Belum Lengkapi Data, 72 Desa di Gorontalo Terancam Tak Bisa Cairkan Dana Desa

Ilustrasi Uang

Hargo.co.id Gorontalo – Menjelang pencairan Dana Desa pada bulan April mendatang, Pemerintah Daerah Gorontalo terus berupaya menggenjot setiap desa untuk segera menyelesaikan segala administrasi yang di syaratkan. Untuk Daerah Gorontalo sendiri terdapat sedikitnya 72 desa yang terancam tidak bisa menerima dana desa, ini dikarenakan administarsi yang disyaratkan belum sepenuhnya di lengkapi.

72 desa yang belum melengkapi data itu terdiri dari Kabupaen Gorontalo sebanyak 36 desa, dan Kabupaten Gorut 36 desa. Setiap desa wajib melampirkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rancangan Kerja Pemerintah Desa (RKPDes).

Kepala BPM-Pemdes Kabupaten Gorontalo Syaiful Kiraman mengungkapkan, Dari total desa sebanyak 191, 155 desa diantaranya telah menuntaskan Perdes APBDes. Ada pun sisanya tengah dalam tahap perampungan.

“Dari 155 Desa yang sudah tuntas Perdas APBDes, 81 sudah siap transfer, sementara 74 masih dalam proses pengimputan ke SIMDA,” katanya.

Ada pun 36 desa yang masih tersisa lanjut Syaiful pihaknya sangat optimis akan segera tuntas sebelum deadline waktu berakhir. Sebab, saat ini sisa desa yang belum menuntaskan APBDes tersebut sudah dalam tahap perampungan. “Sebelum tanggal 30 Maret ini sudah tuntas. Paling satu dua hari lagi,” ujarnya.