Benefit Punya Sahabat

Hargo.co.id, Zetizen-GP- Apa jawaban yang akan Zetizen Gorontalo berikan ketika diberi pertanyaan, “Apa itu sahabat?”. Sebagian dari itu pasti akan menjawab, sahabat adalah seseorang yang selalu ada untuk kita, orang yang mengerti kita, atau pun orang yang mau mendengar keluh kesah kita. Tapi, sadar enggak kalau sebenarnya definisi sahabat di atas begitu klise bahkan terdengar egois?

Kenapa terdengar egois? Karena definisi di atas terlalu terpusat pada “diri kita”, dan seharusnya definisi sahabat tidak lah selalu seperti itu. Well guys, sahabat itu lebih dari apa yang kita harapkan lho!

“Sahabat itu adalah orang yang spesial di kehidupan kita. Seseorang yang bisa kita ikuti. Makanya ada pepatah, ‘carilah sahabat yang baik, maka dengan sendirinya kamu akan mengikutinya’. Menurutku persahabatan itu bagaikan sebuah pohon yang lama berbuah, karena menjalin sebuah persahabatan itu tentunya ada yang dinamakan proses saling mengenal, dan dari disitu kita akan menemukan arti dari sahabat itu adalah orang yang penting dalam hidup kita.” ungkap Sucy Priyanti Sari, Zetizen Gorontalo yang sementara kuliah di Jurusan Hukum, UNG.

Yap, sahabat adalah seseorang yang penting dalam kehidupan kita. Di mana kita akan merasa sangat bahagia ketika kita bisa melakukan sesuatu untuk dia. Tapi apa sih benefit punya sahabat? Di lansir dari hellosehat.com menurut William Chopik, profesor psikologi dan periset studi tentang manfaat persahabatan ini menyatakan, bahwa punya sahabat merupakan sebuah pilihan hidup yang dipilih secara sadar. Sedangkan hubungan keluarga cenderung dianggap sebagai hubungan yang serius dan cenderung monoton. Hm.. selain itu apa lagi benefitnya? Ada banyak dan beragam. Berikut dua di antaranya.

Pertama, belajar sisi kehidupan lain.
Kalau kita punya sahabat maka mau tidak mau kita harus bisa saling memahami dan mengerti satu sama lain. Kita tidak boleh menuntut hanya dia yang mengerti kita, tapi kita juga harus bisa mengerti dia. Dari sini kita akan melihat dan belajar sesuatu hal baru dengan sudut pandang yang berbeda. Apalagi kalau hubungan persahabat kita adalah persahabatan lintas gender.

Kedua, punya efek tersendiri.
Benefit memiliki sahabat ada efek tersendiri juga lho! Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan para peneliti menemukan kalau orang yang punya hubungan sosial yang kuat dapat meningkatkan peluang 50% untuk hidup lebih lama. Wah! Bagus nih untuk kesehatan. Efek lainnya itu berdasarkan hasil penelitian adalah kita akan merasa lebih baik, tingkat kepercayaan diri kita meningkat, dan memiliki sahabat kita mampu untuk melawan stress.

Nah, dua poin di atas itu benefit punya sahabat. Kira-kira gimana ya tanggapan Zetizen Gorontalo tentang sahabat dan benefitnya? Yuk simak tanggapan mereka. (ZT-10/ZT-11/hargo)

 

Shella Delvia Hans
Ilmu Hukum Universitas Gorontalo

Bisa Saling Memotivasi 
Gak semua teman yang dekat itu bisa dikatakan sahabat, terkadang dari sekian banyak teman, hanya beberapa orang saja yang menjadi sahabat. Menurutku, benefit punya sahabat itu kita bisa saling sharing, bisa saling memberikan pemahaman, dan saling memotivasi dalam segala hal. (ZT-11)

 

 

 

 

 


Robianto Simbo
Hukum Universitas Gorontalo

Keluarga Kedua
Sahabat itu keluarga kedua dalam hidup, tempat untuk bermain dan berbagi pengalaman. Kalau ngak punya sahabat kita benar-benar akan merasa sepi dan bosan. (ZT-11)