Bentrokan dengan Tentara Israel Lukai 70 Warga Palestina

Tentara Israel (Reuters)

Hargo.co.id – Puluhan orang terluka dalam bentrokan antara warga Palestina dengan tentara Israel di Tepi Barat yang diduduki, Rabu, (17/1). Warga Palestina mengadakan aksi unjuk rasa atas perlakukan semena-mena pemukim Yahudi di Desa Izun, kota Qalqilya, Tepi Barat.

Menurut pernyataan tertulis Bulan Sabit Merah Palestina, tentara Israel melakukan kekerasan dengan gas air mata dan senjata peluru plastik terhadap warga Palestina yang melakukan unjuk rasa.

Palestina

Palestina (Reuters)

Warga Palestina yang berkumpul di pintu masuk Desa Izun berusaha memasuki daerah tersebut. Tentara Israel berusaha mencegah serangan terhadap pemukim Yahudi pada pagi hari kemudian berlanjut menjadi bentrokan yang menyebabkan puluhan warga Palestina terluka. Sekitar 70 warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan tentara Israel.

Seperti dilansir Anadolu Agency, anggota Komite Perlawanan Rakyat Palestina di Qalqilya Mohammad Advan mengatakan, usai kejadian tersebut, pintu masuk utama desa tersebut ditutup dengan gerbang besi. Semua pintu masuk lainnya juga dijaga ketat oleh tentara Israel.

Advan mengatakan, tentara Israel menghalangi keluar masuknya warga Palestina ke Desa Izun. Sekitar 15.000 orang tinggal dalam suasana yang tegang di daerah tersebut.

Sejak 6 Desember 2017, setelah pemerintah AS mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, sering terjadi peristiwa bentrokan antara tentara Israel serta pemukim Yahudi dengan warga Palestina di berbagai wilayah di Palestina.

(met/JPC/hg)