Berbuka ala Turki, Ini Resep Mudah Membuat Sawarma

0
Sawarma ala Hotel Mercure Jakarta Simatupang (DERY RIDWANSYAH/JAWA POS)

Hargo.co.id – Masyarakat Indonesia kebanyakan masih belum memahami varian masakan khas Turki. Selain kebab, kini juga sedang populer menu Sawarma. kalau Kebab adalah daging, sedangkan Sawarma roti isi daging atau kebab. Sehingga, jika selama ini masyarakat menyantap kebab di pojok-pojok kuliner, sebetulnya itu adalah Sawarma.

Sawarma bisa dibuat sendiri di rumah dan cocok sebagai menu berbuka puasa. Kebab di negara aslinya biasanya dibuat seperti sate, karena berasal dari daging sapi.

“Bisa dibuat sendiri di rumah, beli roti yang sudah jadi saja. Ada di swalayan, Pita Bread orang mengenalnya,” jelas Chef Hotel Mercure Jakarta Simatupang, Chef Noldy Herling kepada JawaPos.com.

Chef Noldy sedang memegang Sawarma

Chef Noldy sedang memegang Sawarma (DERY RIDWANSYAH/JAWA POS)

Bahan-bahan:

1. Daging sapi 100 gram

2. Roti Arab (Khubz atau Pita Bread) 60 gram (tersedia di swalayan besar)

3. Mentimun 30 gram

4. Bawang Merah

5. Tomat 40 gram

6. Peterseli 2 gram

7. Selada 4 gram

8. Mayonaise secukupnya

Bumbu Saus:

1. Bawang merah 10 gram

2. Bawang putih 5 gram

3. Cengkeh 1 gram

4. Kayu manis 2 gram

5. Pala 1 gram

6. Yogurt 30 gram

7. Kapulaga

8. Saus tahini (tersedia di swalayan besar)

9. Garam 1 gram

10. Lada putih 1 gram

11. Minyak zaitun secukupnya

Cara membuat :

Bahan bumbu saus dipisahkan untuk membumbui daging sapi dengan saus tahini dan minyak zaitun. Kemudian rendam daging dalam campuran bumbu saus di dalam lemari es selama 8 jam atau satu malam. Setelah itu, potong-potong tipis daging kemudian masukkan ke dalam oven atau microwave. Pastikan jangan terlalu matang.

Campurkan seluruh bahan-bahan seperti membuat roti isi. Lalu ambil daging yang sudah dimasak tadi masukkan ke dalam roti. Itulah kebab sesungguhnya, yang disantap dengan nama Sawarma. (cr1/JPG/hg)