Berburu Cita Rasa Kopi Berbeda di Pinogu

Hargo.co.id – Indonesia sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia ini, menjadi salah satu keunggulan kekayaan alam di negeri ini. Kopi yang identik dengan bau khas ini. Hampir disetiap daerah memiliki perkebunan kopi seperti kopi Aceh Gayo, Kopi Toraja sampai kopi Kotamobago di Sulawesi Utara. Bahkan masih banyak lagi kopi khas dari sejumlah daerah di Indonesia yang paling dicari dan terkenal sampai mancanegara.

pemetik kopi di daerah pinogu

Karena itu warung kopi semakin menjamur di pinggir jalan, terminal bis hingga warung kopi di mall-mall tidak pernah sepi dari pengunjung setianya. Apalagi generasi Z yang sering nongkrong tak lupa ditemani hangtanya kopi panas.
Namun pernah Zetizen merasa cita rasa Kopi Pinogu? Yup, di Gorontalo ada kebun kopi yang memiliki cita khas tersendiri yang tak kalah dengan kopi Toraja atau Kopi Aceh. Kopi Pinogu. Biji Kopi ini tumbuh dikawasan hutan lindung Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, yang berada di Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. ini memang berbeda dengan Kopi yang lainnya. Sehingga tidak salah, jika Kopi Pinogu sering menjadi salah satu ole-ole yang sering dibawa pulang pelancong yang menjadi penikmat Kopi di Gorontalo. Kopi pinogu memiliki dua macam cita rasa. Yakni Robusta dan Liberika. Kopi Pinogu liberika adalah kopi yang benihnya hasil dari tanaman peninggalan zaman kolonial Belanda dulu yang saat sudah tumbuh liar di kawasan hutan lindung Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

pohon dan buah kopi pinogu

Untuk menuju perkebunan Kopi Pinogu sendiri terbilang tidak mudah. Butuh waktu 11 jam menuju ke lokasi tersebut. Akses jalan yang kurang begitu bagus membuat setiap pengunjung desa terjauh provinsi Gorontalo itu harus melalui hutan belantara sejauh 47 Kilometer dengan jalan kaki. Memang wilayah Pinogu merupakan wilayah terisolir. Dan jalan kaki adalah cara paling baik untuk menuju ke Pinogu. Namun setelah sampai disana kita pastinya akan disambut mayarakat yang ramah loh. Sudah banyak ivent dilaksanan oleh pemda kabupaten Bone bolango untuk membumikan kopi Pinogi ini loh, salah satunya belum lama ini dilaksanan traficking Pinogu. (ZT-07/hargo)

KATA MEREKA TENTANG KOPI PINOGU :

Rahmin Djafar
Universitas Negeri Gorontalo

Rasa yang Khas

Kopi Pinugo punya rasa yang khas. Terlebih Pinogu sendiri menurut penduduk aslinya sendiri, Pinogu adalah Desa pertama yang berada di Gorontalo. Tapi sayang, saat ini Pinogu masih sangat terpencil dikarenakan akses yang cukup sulit untuk menuju kesana. Padahal, Pinogu punya potensi dan kekayaan alam yang indah. Apalagi Kopinya, dapat menjadi aset kekayaan daerah yang wajib diperkenalkan ke Nusantara. (ZT-08)

Lukman
Universitas Gorontalo

Seramah Penduduknya

Buat saya, Kopi Pinogu itu rasanya ramah, seramah penduduknya. Kopi Pinogu juga berbeda dengan kopi-kopi yang lain. Saya pribadi merasa bangga, karena Gorontalo punya Kopi khasnya sendiri, yakni Kopi Pinogu. Dan setahu saya kopi pinogu memiliki dua macam kopi yakni robusta dan liberika. (ZT-08)