Bersihkan Pasar Sentral Libatkan Napi

Caption: Warga Binaan Lapas Kelas IIA Gorontalo saat menerima arahan dari Kalapas Kelas IIA Gorontalo, Widodo sebelum melakukan aksi bakti sosial di Kompleks Terminal dan Pasar Sentral, Kota Gorontalo, Senin (17/4) (F. Yudhistirah/ Gorontalo Post)

GORONTALO – Hargo.co.id Ratusan petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Gorontalo menggelar aksi bersih-bersih di Kompleks Pasar Sentral Kota Gorontalo.Uniknya, aksi bersih-bersih itu selain diikuti oleh petugas lapas juga diikuti oleh sejumlah eks narapidana dan Warga Binaan Lapas Kelas IIA Gorontalo.

Pantauan Gorontalo Post, Senin (17/4) kemarin, aksi bersih-bersih itu berlangsung lancar. Tanpa canggung para warga binaan dan petugas Lapas membersihkan setiap sudut yang ada di Pasar Sentral Kota Gorontalo.

Sampah-sampah diangkat, saluran air yang sebelumnya kotor ikut dibersihkan. Semuanya nampak larut dalam pekerjaan masing-masing, tanpa memerdulikan teriknya mentari pagi saat itu.

Disela pekerjaan, sejumlah warga binaanpun nampak bercanda dengan petugas lapas, seolah tak ada sekat sedikitpun antara mereka. Aksi ini sendiri nampak menjadi tontonan warga sekitar, yang sebagian tanpa canggung ikut membantu para warga binaan dan petugas lapas untuk membersihkan lokasi itu.

Ditemui Gorontalo Post usai kegiatan bersih-bersih yang dihadiri langsung oleh Walikota Gorontalo, Marten Taha itu, Kepala Lapas Kelas IIA Gorontalo Widodo mengungkapkan, pelibatan Warga Binaan Lapas Kelas IIA Gorontalo memang menjadi inisiatif warga binaan itu sendiri, untuk bisa melakukan pengabdian kepada masyarakat Gorontalo.

Lebih lanjut Widodo mengatakan, kegiatan ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke – 53.

Selain melakukan bakti sosial, Widodo juga mengungkapkan, pihaknya akan menggelar kegiatan keagamaan pada puncak peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan 20-21 April 2017 mendatang.

“Kita nanti akan membuat sebuah kegiatan pemecahan rekor Muri untuk kategori khatam quran se-indonesia yang akan digelar secara serentak diseluruh lapas yang ada di Indonesia,” tandasnya.(tr-45/hg)