Bisnis Rumahan Makin Menjamur

 

GORONTALO, hargo.co.id – Para pemilik toko pakaian di Kota Gorontalo tahun ini harus banyak bersabar. Pasalnya saat ini, bisnis rumahan yang menjual beragam jenis pakaian semakin menjamur di Gorontalo.

Sebagaimana pantauan Gorontalo Post, beberapa lokasi yang kini banyak bermunculan bisnis rumahan yaitu di ruas jalan HB Jassin Kota Gorontalo, Jalan Palma Kota Gorontalo dan Raja Eyato Kota Gorontalo.

Para pengusaha menjalani bisnis ini dengan alasan permintaan pakaian masih tinggi dan untuk memperoleh stok sangat mudah. Tak sedikit pengusaha yang memesan langsung pakaian dari home industri atau pihak agen yang ada di Pulau Jawa. Harga jual pakaian tersebut juga begitu murah. Misalnya kaos yang dibanderol mulai Rp 20 ribu per picis, kemeja Rp 35 ribu per picis, celana pendek Rp 40 ribu per picis dan celana panjang Rp 70 ribu per picis.

Intan, salah seorang warga Kota Gorontalo yang membuka usaha rumahan mengatakan saat ini masyarakat tak hanya menginginkan pakaian yang terus ter-upgrade modelnya namun juga dari sisi harga yang terjangkau.

“Kalau dibandingkan dengan pakaian di toko, kayaknya hampir sama dari model, tetapi untuk harga kami lebih murah,” katanya.

Di lapaknya yang ada di rumah itu, Intan menjual beberapa macam pakaian, mulai dari baju kantor, pakaian olahraga, kaos santai, celana jeans, daster dan jenis pakaian lainnya.

“Barang saya dapat langsung dari perusahaan yang memproduksi, kebetulan waktu itu saya dapat pin BBM konveksinya dari teman,” ungkapnya.

Dalam sehari, dari usaha rumahannya itu, Intan saat ini bisa memperoleh pendapatan Rp 1,5-2 juta per hari.

“Saya juga berlakukan promo dan diskon, ketika akan ada barang baru, barang lama saya jual murah, untung sedikit tapi perputaran cepat. Bahkan, karena murah ada beberapa orang yang jadi resseler saya,” tuturnya. (dan/hargo)