BPBD Imbau Waspada Banjir dan Longsor

ilustrasi

Hargo.co.id Gorontalo – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrim akan terjadi pada bulan ini hingga awal Januari mendatang. Olehnya, masyarakat Gorontalo diimbau untuk waspada akan banjir hingga longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo, Husin Deka, mengatakan, telah menerima imbauan dari BMKG tersebut. Menurutnya, setiap menjelang akhir tahun sudah menjadi kebiasaan terjadi perubahan iklim sangat drastis yang berujung pada cuaca ekstrim dan meningkatnya intensitas hujan belakangan ini.

Hal itu juga ditunjukkan meluapnya sejumlah sungai yang ada di wilayah Kabupaten Gorontalo, seperti sungai di wilayah Limboto dan Tabongo yang sudah meluap akibat hujan deras. “Hari ini (kemarin,red) sungai yang ada di Limboto dan Kecamatan Tabongo sudah meluap,” kata Husin.

Untuk itu dia menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di pemukiman dekat lereng bukit hingga bibir sungai untuk waspada dengan ancaman naiknya volume air.

Bahkan, ancaman longsor pun bisa saja mengintai setiap saat. “Jika hujan tidak berhenti lebih dari empat jam, saya berharap agar masyarakat waspada,” katanya.

Menjawab imbauan dari BMKG tersebut, Husin mengaku akan menindaklanjutinya dengan membentuk posko-posko bencana di sejumlah titik rawan.(tr-58/hg)