BPBD Ingatkan Banjir dan Longsor

ilustrasi banjir Dok: JPNN.COM

hargo.co.id MARISA—Ini peringatan dini bagi masyarakat khususnya yang tinggal di wilayah rawan bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pohuwato mengeluarkan imbauan, untuk mewaspadai musim penghujan kali ini. Khusus masyrakat yang berada di titik rawan bencana diminta untuk mewaspadai segala bentuk kemungkinan terjadinya longsor dan banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Pohuwato Toni Mopangga megakui bahwa, di Kabupaten Pohuwato terdapat beberapa titik rawan bencana,baik itu banjir maupun longosor. Sebut saja untuk wilayah Kecamatan Taluditi dan sekitarnya yang sering mengalami longsor saat hujan turun.

Termasuk juga wilayah Hulawa Kecamatan Buntulia. Sementara untuk titik rawan banjir hampir tersebar di seluruh Kecamatan. “Semua titik rawan bencana ini harus kita waspadai,”ujarnya.

Imbauan ini lanjut Toni adalah upaya dini untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan menimpa masyarakat. Sehingga ketika melihat ada kondisi yang kurang baik akibat cuaca buruk, maka harus siap-siap untuk menghindari lokasi tersebut.

Apalagi saat ini menurutnya terinformasi di Kabupaten Gorontalo Utara terjadi banjir. “Alangkah baiknya, kita mengantisipasi lebih awal kemungkinan buruk akibat dari bencana nanti,”pungkasnya penuh harap. (hmp/hargo)