Browser Opera Kini Dilengkapi Fitur Pemblokir Iklan

Ilustrasi

Hargo.co.id – Jumlah iklan online yang terus meningkat terkadang menjadi salah satu faktor paling menjengkelkan. Untuk itu, Opera menghadirkan fitur terbaru di browser andalannya.

Ya, fitur pemblokir iklan (ad-blocking) ini sudah ada pada browser Opera untuk perangkat komputer desktop.

Fitur tersebut diklaim mampu mempercepat waktu loading sebuah situs web hingga 90 persen, jika dibandingkan dengan waktu loading ketika fitur ini tidak diaktifkan.

Tidak hanya itu, teknologi pemblokir iklan ini juga diklaim dapat memberikan pengalaman browsing 40 persen lebih cepat dibandingkan dengan ekstensi pemblokir iklan dari pihak ketiga.

“Kinerja yang meningkat ini karena proses filtering atau pemblokiran terjadi di level web-engine, sehingga peramban dapat memiliki kontrol penuh akan proses loading suatu halaman web. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh ekstensi pemblokir iklan dari pihak ketiga,” terang SVP of Engineering and Head of Opera for computers, Krystian Kolondra melalui keterangan tertulisnya, Kamis (10/3).

Menurut dia, iklan memang menjadi pendapatan terbesar bagi pengembang internet. Hal ini juga yang menjadikan banyak layanan bisa disediakan secara gratis untuk pengguna. Namun, kebanyakan halaman web saat ini secara signifikan diperlambat karena banyaknya iklan dan tracking.

“Kami tidak mau hal ini terjadi. Kami ingin web bisa menjadi tempat yang lebih baik untuk kita semua, sebagai pengguna. Iklan telah mengganggu kita saat menjelajahi Internet, memperlambat kinerja peramban. Karenanya, Opera ingin memperbaikinya,” pungkasnya. (fab/JPG/Hargo)