Catat, Peserta Tes CPNS Curang Langsung Masuk Daftar Hitam

Ilustrais tes CPNS. (JawaPos.com)

Hargo.co.id JAKARTA – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana berang lantaran ada praktik curang dalam pelaksanaan tes CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Karena itu. Bima menyampaikan peringatan keras kepada para peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) computer assisted test (CAT) BKN agar tidak berbuat curang.

“Jangan coba-coba curang, apalagi sampai pakai joki CPNS. Bila ketahuan, akan kami proses hingga ke polisi,” ujar Bima yang dihubungi, Sabtu (16/9).

Dia menambahkan, setiap peserta yang melakukan tindak kecurangan akan dicatat dalam database. Selanjutnya nama peserta itu dimasukkan ke dalam daftar hitam atau blacklist sehingga tidak akan diberi kesempatan kembali untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN).

“Saya sudah perintahkan staf saya untuk mencatat nama-nama peserta yang curang. Data mereka akan masuk ke database dan di-blacklist sehingga seumur hidup mereka tidak bisa jadi PNS,” tegasnya.

Bima menegaskan, langkah itu demi mendapatkan PNS profesional dan berdedikasi tinggi. Bila proses menjadi PNS sudah melenceng, sambungnya, pegawai yang direkrut pun akan bermental buruk.

“Ingat ya, saya tidak main-main. Kalau ingin lolos CPNS belajar yang tekun jangan pakai bantuan joki. Tidak ada yang bisa menolong anda, kecuali diri anda sendiri,” tandasnya.(esy/jpnn/hg)