Dana Pembenahan Danau Limboto yang Terpakai Sudah Rp 450 Miliar

Pembenahan Danau Limboto(Jalal Khan/Gorontalopost/hargo)

Hargo.co.id GORONTALO – pemulihan kondisi Danau Limboto memakan anggaran tak sedikit. Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung ke Danau Limboto pada awal Desember 2014 menyebutkan bila anggaran yang dibutuhkan untuk revitalisasi Danau Limboto mencapai Rp 11 triliun.

Dari anggaran tersebut yang sudah dikucurkan sejak 2012 sampai dengan saat ini sebesar Rp 450 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk membiayai pengerukan, pembangunan tanggul, pintu air Topodu serta chek dam di bagian hulu 23 anak sungai.

Koordinator Lapangan Koservasi Danau Limboto dari Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II Yudhi Wiyansyah mengatakan, chek dam tersebut berfungsi untuk mengurangi terjadinya sedimentasi ke danau sekaligus menyimpan cadangan air jika musim kering. “Pekerjaannya sebagian sudah selesai tahun kemarin,” kata Yudhi.

Bersamaan dengan hal itu, lanjut Yudhi, pihaknya juga melakukan pembangunan tanggul sepanjang 290 meter dengan lebar 4 meter dan tinggi 8 meter. Tanggul tersebut memiliki fungsi ganda.

Selain untuk membendung air guna mencegah terjadinya pendangkalan, juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penyempitan wilayah sungai. “Proyek Tanggul Danau ini merupakan proyek Multi Year. Progresnya saat ini sudah mencapai 20 persen. Targetnya 2017 sudah selesai,” kata Yudhi.