David Bobihoe: Jangan Percaya Calo Penerimaan Polri

Ilustrasi

Hargo.co.id GORONTALO – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali membuka pendaftaran penerimaan anggota Polri 2016. Penerimaan berlangsung serentak di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Gorontalo.

Khusus di Provinsi Gorontalo pendaftaran penerimaan personel Polri berlangsung di Polda Gorontalo.

Dengan dibukanya pendaftaran penerimaan anggota Polri, menjadi peluang bagi masyarakat Gorontalo, khususnya yang berminat menjadi anggota Polri.
Terkait pendaftaran penerimaan anggota Polri ini, Pakar Pelayanan Publik David Bobihoe menekankan kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur bujuk rayu dengan pihak manapun yang menawarkan kelulusan dengan membayar sejumlah uang/imbalan.

“Apabila ada yang menawarkan ataupun mengiming-imingi kelulusan dengan konsekuensi membayarkan sejumlah uang/imbalan maka segera laporkan kepada pihak Kepolisian terdekat. Atau bisa melaporkan langsung ke Bidang Propam Polda Gorontalo,” seru David Bobihoe.

Mantan Bupati Gorontalo itu mengatakan, bagi masyarakat yang berminat menjadi anggota Polri sebaiknya mendaftarkan langsung ke Polda Gorontalo. “Jangan mudah percaya terhadap calo yang mengiming-imingi kelulusan. Daftar langsung ke Polda Gorontalo sesuai persyaratan yang telah ditentukan,” imbau David Bobihoe.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP S.Bagus Santoso mengemukakan, pendaftaran penerimaan anggota Polri dibagi dalam tiga bagian. Yaitu pendaftaran Akpol Polisi (Perwira Polri), Brigragid Polisi (Secaba Polri) dan Tamtama Polisi (Catam Polri). “Untuk pendaftarannya dimulai pada 7 April hingga 30 April 2016,” ujar AKBP Bagus Santoso.

Untuk pendaftaran Akpol dibuka bagi lulusan SMA dan SMK sederajat. Pendaftaran Akpol merupakan perwira biasa bukan merupakan perwira karir. Untuk pendaftaran Akpol merupakan kategori yang paling banyak peminat, tetapi yang diterima sangat terbatas. Hanya tiga orang saja dari setiap Polda asal tes.

Sementara untuk penerimaan kategori Secaba Polri, dibuka untuk SMA/SMK/DIV Keperawatan, sedangkan Bintara khusus Penyidik Pembantu dengan sumber S1 kecuali Sarjana Seni,Sastra,Dokter gigi, Pertanian dan pendidikan.

Pendaftarnya pun beragam terutama dari kalangan masyarakat umum. Dalam segi kuota penerimaan dan peluang masuk atau diterimanya pun terbilang banyak.

Sedangkan pendaftaran Tamtama Polisi dibuka untuk Tamtama Polri Brimob dan Polair. “Nah bagi yang berminat silakan mengikuti seleksi ini dengan beberapa persyaratan yang telah ditentukan. Untuk pendaftarannya sendiri Anda harus menyiapkan beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi,” tutur AKBP Bagus Santoso sembari menyampaikan informasi lebih lanjut bisa dilihat pada laman http://penerimaan.polri.go.id/. (san/hargo)