DKPP Kirim Usulan Penetapan KLB ke Kementrian

Penderita Gejala Anthrax (foto Hargo)

Hargo.co.id Gorontalo – Penyebaran penyakit Anthrax di wilayah Gorontalo makin mengkhawatirkan. Apalagi dengan adanya temuan dua warga yang terindikasi tertular virus yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis itu.

Temuan Virus Anthrax yang menyerang 2 warga Desa Pentadio Barat, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, mendapat tanggapan Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Gorontalo Haris Tome.

Menurutnya, dengan adanya temuan korban yang mengindikasikan terkena virus anthrax tersebut maka anthrax di Kabupaten Gorontalo sudah akan ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Usulannya akan segera kita kirim ke Kementrian,” kata Haris.

Terkait kejadian ini pula Haris mengharapkan agar masyarakat dapat mengikuti imbauan dari DKPP. Sebab, sejauh ini berbagai imbauan dan penekanan yang sering disampaikan terkadang justru dilawan oleh masyarakat.

“Di beberapa tempat sering kita terkendala. Kita meminta masyarakat agar tidak coba-coba memegang ternak sapi apalagi memakan daging yang ciri-cirinya menunjukan terserang viurs anthrax, tapi mereka malah melawan. Di Pentadio itu salah satu contoh diantaranya,” tuturnya.