Doping Terus Hantui Dunia Olahraga

ilustrasi

Hargo.co.id MOSKOW– Isu doping kini memang sedang menggemparkan olahraga dunia. Makin hangat karena Olimpiade 2016 Rio de Janeiro akan dimulai tidak lama lagi yakni 5 Agustus mendatang.

Di awal bulan ini (8/3) bintang tenis Rusia Maria Sharapova mengumumkan bahwa dia gagal lolos tes doping grand Slam Australia Terbuka 2016 Januari lalu. Menggemparkan. Petenis 28 tahun tersebut terbukti mengkonsumsi obat Meldonium.

Obat tersebut dimasukkan Badan Anti Doping Dunia (WADA) sebagai zat terlarang untuk dikonsumsi atlet sejak awal tahun ini. Menyusul pengumuman menggemparkan dari Sharapova itu, Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko akhir pekan kemarin memberi pengumuman yang lebih menggemparkan.

Dia membenarkan sebanyak 27 atlet Rusia dari berbagai disiplin olahraga telah terbukti positif mengkonsumsi meldonium. “27 atlet kami ini adalah bagian dari 127 kasus yang ada di seluruh dunia saat ini,” ucap Mutko dilansir BBC.

Di antara 27 atlet tersebut, para atlet gulat andalan Rusia juga terlibat. Peraih medali perak di Kejuaraan Dunia Gulat 2014 Evgeny Saleev dan peraih perak Piala Dunia Gulat 2015 Sergei Semenov masuk dalam daftar tersebut.

Padahal, kini keduanya sedang bersiap menuju Brasil. Kesempatan mereka tampil di Olimpiade pun hampir pasti pudar.