Dua Jam Jaringan Telekomunikasi Lumpuh

GORONTALO, Hargo.co.id – Jaringan telekomunikasi di wilayah Gorontalo mengalami gangguan selama lebih kurang dua jam, pada Selasa (13/1), sejak pukul 10.10 Wita hingga pukul 12.15 Wita. Lumpuhnya jaringan telekomunikasi di bawah perusahaan Telkom dan anak perusahaannya, Telkomsel, sempat mengganggu aktivitas masyarakat termasuk kalangan perbankan hingga aktivitas perkantoran.

Konsumen yang ingin berkomunikasi lewat telepon genggam, termasuk faxsimili serta pengiriman surat via email juga terganggu total. Sejumlah nasabah perbankan yang ditemui di Kota Gorontalo menyampaikan keluhan, akibat terjadinya gangguan tersebut sistem transaksi online di perbankan seperti penarikan dan setor tunai turut terganggu.

Syakir, salah seorang warga yang ingin mengganti ATM yang hilang di salah satu kantor cabang perbankan di Kota Gorontalo mengaku sangat terganggu, “Sebelum masuk ke bank, sudah ditahan sama pak Satpam.

Katanya ada gangguan. Saya pun menunggu sekitar 1 jam baru bisa dilayani. Itupun saya masuk sekitar jam 12.10 Wita,” kata Syakir. Hal senada juga dikatakan Arham, warga Kota Gorontalo.

Jaringan internet pada smartphone miliknya tidak bisa digunakan sama sekali. “Memang susah tadi pak (kemarin,red),” sambung Arham, karyawan swasta ini.

Manajer Costumer Service Wilayah Telkom Gorontalo, Supratman Hamid, ketika dikonfirmasi menjelaskan, penyebab gangguan jaringan Telkom tersebut disebabkan oleh kabel Fiber Optik (FO) yang terputus dan masing-masing berada di daerah Gorontalo via Palu yakni Daerah Moutong-Bobalango di Kilometer 55 dari informasi dari tim teknis, “Untuk gangguan ini dikarenakan adanya pohon kelapa yang tumbang,” sambung Supratman.

Kemudian kondisi yang sama juga terjadi via Gorontalo-Manado yakni di daerah Teling, yakni dari Kilometer 34 STO Amurang dan Kilometer 80 STO Kotamobagu.

Namun gangguan ini disebabkan oleh adanya bencana alam yakni banjir yang melanda daerah sekitar hingga terkena fiber optik milik Telkom. “Saat ini kami sedang memperbaikinya, karena teknisi kami di lapangan telah mengerjakannya,” tandas Supratman.

Senada, Manager Branch Telkomsel Gorontalo, Anton Mahendra, mengungkapkan, gangguan jaringan ini terdapat di dua arah transmisi yakni Gorontalo-Makassar yang melewati daerah Palu yakni di titik Santigi-Marisa dan Gorontalo-Manado di titik Teling.

Menurutnya, dua titik tersebut putus dikarenakan fiber optik yang terganggu sehingga tidak ada beck up dari satu titik untuk mengatasi perbaikan jaringan Telkomsel.

Namun demikian, gangguan ini sudah bisa di atasi sekitar pukul 12.40 Wita, link sudah normal kembali. “Saya atas nama Telkomsel memohon maaf kepada seluruh pengguna seluler Telkomsel di Gorontalo, atas adanya ketidaknyamanan gangguan ini,” ungkap Anton. (axl/Tr-59)