Dugaan Korupsi Proyek RS ZUS, Komisaris PT KIS Dituntut 2 Tahun

Ilustrasi

Hargo.co.id GORONTALO – Satu demi satu, para terdakwa kasus dugaan korupsi peningkatan sarana dan prasarana pembangunan pagar Rumah Sakit Zainal Umar Sidiki (RS ZUS) Gorontalo Utara (Gorut) tahun 2011 menelan pil pahit. Sebelumnya, kasus proyek berbandrol Rp 4 Miliar itu telah menggerakkan palu hakim untuk menghukum Rito Nazibu selaku Pimpinan proyek (Pimpro) dan Kontraktor Junangsih.

Tak lama lagi, tiga terdakwa lainnya akan menyusul untuk mendapatkan penghakiman dari majelis hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Gorontalo. Masing-masing Terdakwa Elizabet Mopili, selaku Komisaris PT Kharisma Indoraya Sukses (KIS), kemudian terdakwa Hamzah Fansuri Rachman, selaku Ketua Pokja ULP dan terdakwa Steven Djou, selaku PPTK.

Kamis, (18/3), ketiganya dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman 2 tahun penjara dan denda Rp 60 Juta subsider 3 bulan kurungan. Para terdakwa dijerat pasal 3 UU Tipikor tentang penyalahgunaan wewenang.

Dihadapan majelis hakim yang diketuai Aris Bawono Langgeng,SH,MH JPU Hendra dan JPU Nova dari Kejari Kwandang menguraikan kronologis keterlibatan ketiga terdakwa.
Elizabet, dinilai memiliki andil untuk turut bertanggungjawab atas pekerjaan yang dinilai telah mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 1 miliar itu.

Sebab, Elsiabet kapasitasnya adalah komisaris perusahaan yang menjadi pelaksana proyek tersebut. Sementara, terdakwa Hamzah Fansuri Rachman selaku Ketua Pokja ULP diduga kesalahannya karena ikut serta merubah surat jaminan persyaratan administrasi perusahaan pelaksana demi meloloskan dalam proses kualifikasi lelang. Sedangkan Steven Djou dijerat karena kelalalain.

JPU menilai seharusnya Steven, selaku PPTK mampu memaksimalkan pekerjaan.

Usai mendengarakan tuntutan JPU, ketiga terdakwa melalui Penasehat Hukum Herson Abas, Nani Pakaya, dan Duke Arie Widagdo mengaku menghormati analisis JPU terkait kasus yang menjerat klien kami. Tapi tentunya kami keberatan untuk seluruh isi tuntutan. Keberatan itu nanti akan diajukan dalam pledoi yang akan disampaikan pada sidang pekan depan. (csr/hargo)

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →