Eksekusi Eks Jurnalis yang Bunuh Lima Jurnalis

Hassan Hanafi

Hargo.co.id MOGADISHU – Hassan Hanafi Haji harus membayar perbuatan jahatnya di depan regu tembak. Kemarin (11/4) anggota militan Al-Shabab yang sebelumnya dikenal jurnalis tersebut dieksekusi mati di Akademi Polisi Somalia di Kota Mogadishu. Dia terbukti bersalah mengakibatkan lima jurnalis Somalia tewas.

Sebelum menghadapi regu tembak di tanah berpasir itu, petugas mengikatkan tubuh Hanafi di tiang kayu berwarna merah.

Tali kuning, biru, dan hijau melilit badannya. Selain tiang kayu yang menjadi sandaran Hanafi, ada tiga tiang kayu lain di lokasi eksekusi tersebut. Akhir pekan lalu, di lokasi yang sama, pemerintah mengeksekusi mati dua militan Al-Shabab, teman Hanafi.

’’Prinsip saya tidak akan pernah berubah. Bahkan, jika kalian membunuh saya sekalipun. Kita akan melihat apakah kematian bisa mengakhiri perjuangan kami,’’ papar Hanafi setelah hakim membacakan vonis mati untuknya bulan lalu.

Terkait dakwaan yang diterima, Hanafi mengatakan, dirinya hanya membunuh satu jurnalis. Dia mengaku tidak bertanggung jawab atas kematian empat jurnalis yang lain.

’’Al-Shabab memang membunuh banyak jurnalis. Tapi, saya pribadi hanya membunuh satu orang,’’ ungkapnya. Atas pembunuhan itu, Hanafi menyatakan sama sekali tidak menyesal.