Elektabilitas Zainuddin Hasan Capai 75%

Zainuddin Hasan ( Foto Dok. GP)

Hargo.co.id, GORONTALO – Data Media Survei Nasional (Media) menyebutkan tingkat elektabilitas Zainuddin Hasan sebagai calon Gubernur Gorontalo, saat ini membayangi Rusli Habibie.

Ketua Tim Pencalonan Zainuddin Hasan, Oneng Iskandar dalam konfrensi Pers di Warko Merah Putih, Limboto, Kabupaten Gorontalo,kemarin (24/2) menjelaskan, data survey tersebut, masih bersifat sementara,artinya untuk saat ini posisi Rusli Habibie masih unggul di atas Zainuddin Hasan.

“Tapi ini posisi sebelum Zainudin Hasan bergerak. Belum ada sosialisasi, elektabilitasnya mencapai 21,5 persen dibawah Rusli sebesar 36,5 persen,” kata Ketua Tim Pencalonan Zainudin Oneng Iskandar

Dari data survey ini pula dijelaskan Oneng, ikut diukur menyangkut tingkat popularitas Zainudin Hasan. Dari 23 politisi papan atas di Gorontalo Zainudin menempati posisi kelima dengan angka 68,7 persen.

Bila diukur per wilayah, untuk Kabupaten Gorontalo, popularitas Zainudin sebesar 73,2 persen. Di Boalemo 58,3 persen, di Bonbol 60,8 persen, di Gorut 58,2 persen serta di Kabupaten Pohuwato 75,7 persen dan Kota Gorontalo 68,5 persen.

“Itu hasil yang kita peroleh jika Zainudin maju sebagai calon Gubernur. Data diperoleh dari 1.000 responden yang dipilih secara random dengan teknik Multistage Random Sampling,” terangnya.

Lain halnya kata Oneng, jika Zainudin mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur. Meski Popularitas cukup tinggi, namun elektabiltasnya hanya 2,0 persen. Dengan melihat hasil tersebut, lanjut Oneng tentunya menjadi pilihan bagi timnya untuk mendorong sepenuhnya Zainudin Hasan maju sebagai Calon Gubernur.

Pihaknya optimis, jika langkah dan strategi telah berjalan, masyarakat yang akan memilih Zainudin mampu melampaui seluruh figur yang akan maju nanti. (jdm/and/hargo)