Fam Trip Kemenpar Bidik Wisman Timur Tengah

Hargo.co.id JAKARTA – Timur Tengah adalah pasar halal tourism yang paling seksi. Outbond setahun lebih dari 140 juta orang. Angka itu, lebih besar dari pasar Tiongkok yang 2015 sekitar 100 juta. Karena itulah, membidik pasar pariwisata dari Jazirah Arab itu menjadi menarik buat Kemenpar.

“Expenditure dan length of stay-nya terbesar di dunia. Rata-rata per kunjungan, Arab Saudi USD 1.750, lalu Uni Arab Emirate (UAE) USD 1.500,” ujar Menpar Arief Yahya, di Jakarta.

Angka itu, lanjut Arief Yahya, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata wisman yang berkunjung di Indonesia, USD 1.200 per visit per orang.

Kebetulan Lombok, NTB sudah mendapatkan stempel sebagai “World Best Halal Destination” dan “World Best Halal Honemoon.” Setelah Lombok, destinasi halal lain yang sedang dipersiapkan adalah Aceh dan Sumatera Barat. Karena itu, Kemenpar terus mempromosikan Lombok sebagai destinasi baru untuk Halal Tourism, terutama di negara-negara Arab.

“19-25 Maret 2016 nanti, Kemenpar kembali akan menggelar familirization trip (famtrip) lagi dari pasar Timur Tengah. Sebelumnya sudah dilakukan Famtrip, dengan destinasi Lombok. Nanti, giliran sasaran MICE – Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition,” ujar Arief Yahya.

Detail dari kegiatan mengajak jalan-jalan ke beberapa destinasi halal itu sudah dirancang oleh Nia Niscaya, Asdep Pengembangan Pasar Timur Tengah, Eropa, Amerika, dan Afrika.