Fenomena Kids Jaman Now!

Ilustrasi By : Tri Nur Istiyani / Zetizen GP Team

Hargo.co.id ZETIZEN-GP- Zetizen tentu udah pada tahu dong kalau akhir-akhir ini di sosial media sedang viral istilah ‘Kids Jaman Now’. Sebutan ini merupakan penggabungan kata bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang dapat diartikan sebagai “kelakuan anak jaman sekarang”.

Istilah “Kids Jaman Now” pun semakin hari semakin menjadi sorotan publik. Kelakuan anak-anak atau remaja jaman sekarang memang unik, berbeda, yang terkadang membuat kita tertawa sampai-sampai bisa membuat kita geleng-geleng kepala karena tingkah laku mereka.

Nah kira-kira gimana ya pendapat Zetizen tentang Kids Jaman Now? simak yuk. (ZT-08/hargo)

 

Mohamad Halada
Bahasa Indonesia, UNG

Tatanan Bahasa Berubah 
Menurutku sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia penggunaan kata “kids zaman now”, “people saat ini”, dan lain sebagaianya itu akan mempengaruhi tatanan bahasa Indonesia. Apalagi kalau tujuannya hanya untuk ikut-ikutan gaul atau ingin nge-trend saja, karena hal ini akan berdampak buruk pada orang-orang di sekitar kita hingga ke generasi berikutnya. (ZT-10)

 

Ariyanti Putri Permatasari
Pendidikan Luar Sekolah, UNG

Perubahan Masa Kini 
Fenomena anak zaman sekarang banyak nunjukkan perbedaan antara anak gaul zaman sekarang sama zaman dulu. Seiring berkembangnya zaman semakin banyak anak atau generasi muda yang kelakuan agak berlebihan dan kurang pantas dicontoh, tapi adapula yang tak kalah buat bangga dengan hasil karya-karya mereka. (ZT-07)

 

Ela Budiati Bano
Bahasa Inggris, UNG

Bahasa adalah Cerminan Bangsa
Istilah-istilah kekinian yang menggunakan bahasa Inggris itu bagus kalau tujuannya jelas seperti untuk menambah kosa kata bahasa Inggris atau memperdalam pemahaman tentang frasa. Penggunaan istilah-istilah kekinian dalam konteks candaan menurutku sah-sah saja. Akan tetapi hal ini akan menjadi keliru apabila penggunaan bahasa ini dijadikan kebiasaan dan membentuk budaya yang baru, karena bahasa adalah cerminan bangsa. Ada baiknya kita menggunakan bahasa yang sesuai dan mudah dipahami oleh orang lain. (ZT-10)

 

Dahlia Irawan
Duta Bahasa Provinsi Gorontalo 2017

Melihat Dua Sisi Frasa “Kids Zaman Now”
Menurut aku sendiri, frasa ‘Kids Zaman Now’, ‘people saat ini’, dan sebagainya, sebenarnya sah-sah saja digunakan untuk membangun komunikasi yang akrab dan bersahabat dengan teman sebaya, generasi milenial atau para gen Z. Tapi yang membuat miris adalah, penggunaan frasa ini tidak dibarengi dengan pemahaman yang baik mengenai kedudukan, fungsi dan peran bahasa oleh para kawula muda. Mereka lebih terbiasa menggunakan serta ‘menyukai’ istilah-istilah asing dan penggunaan ‘bahasa campur’. Bahkan tidak sedikit yang merasa lebih keren daripada menggunakan bahasa Indonesia. Tidak heran, banyak kawula muda saat ini sulit menyebutkan padanan bahasa indonesia dengan tepat. (ZT-10)