Film Kalam Kalam Langit, Membingkai Merdunya Alunan Ayat Suci Alquran

Kalam Kalam Langit dok: www.jadwalxxi.web.id

Hargo.co.id SEBUAH film berlatar belakangan religi kembali dimunculkan. Kali ini bertema Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), sebuah kompetisi membaca Alquran. Film yang dipersembahkan Putaar Films Production itu diberi judul Kalam Kalam Langit.

Film yang disutradarai Tarmizi Abka ini rencananya diputar di gedung bioskop pada 24 April mendatang. ”Ini film kedua kita bergenre religi. Sebelumnya kita memproduksi Kun Fayakuun,” ujar Dhoni Ramadhan, saat jumpa pers di PPHUI, Kuningan, Jakarta Selatan, kemarin.

Mengambil lokasi syuting di kota seribu masjid, Lombok, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Cirebon, Jawa Barat, film yang penulisan skenarionya dilakukan Fauzan Rizal itu menggandeng sejumlah pemain. Diantaranya, Dimas Seto, Elyzia Mulachela, Meriza Febriani, Henidar Amroe, dan Mathias Muchus.

”Kita juga menampilkan juara MTQ tingkat nasional Mirotul Mubarok dan Amira Syakira. Mereka berperan sebagai Jafar dan Annisa kecil,” ujarnya. Film ini berkisah tentang kehidupan seorang muslim bernama Jafar yang diperankan oleh Dimas Seto. Jafar mempunyai latar belakang pendidikan lingkungan sebuah pondok pesantren di Jawa Barat yang kuat.

Sejak kecil, ia memiliki beragam prestasi, salah satunya lomba MTQ. Sayangnya, keberhasilan Jafar tidak didukung sang ayah yang diperankan Mathias Muchus. Pertentangan terjadi, lantaran trauma dengan oknum yang jual beli ayat Alquran meraih kemenangan.