Gadis Surfer yang Berujung Tragis di Mulut Hiu

DUKA: Mendiang Laeticia Brouwer, papan surf milik Brouwer dengan bekas gigitan hiu. (Western Australia via BBC)

Hargo.co.id – Kecintaannya pada laut dan olahraga surfing membawa tragedi  bagi Laeticia Brouwer. Gadis remaja berusia 17 tahun itu kehilangan nyawanya setelah seekor ikan hiu menyerangnya. Kakinya putus dan tubuhnya hancur. Disebutkan, Brouwer sempat berteriak minta tolong kepada ayahnya saat serangan terjadi. Saat itu, Brouwer sedang berada di papan selancarnya di pantai.

Sang ayah yang mendengar teriakan putrinya langsung mendekati posisi Brouwer. Namun terlambat. Hiu sudah menggit Brouwer di bagian perut dan kaki.

Kejadian ini adalah insiden serangan ikan hiu terburuk ketiga di Australia Barat dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Saat ini, masyarakat setempat berniat memburu hiu  tersebut. Menteri Lingkungan Hidup Australia Josh Frydenberg mengatakan, saat ini fokus pemerintah adalah memastikan semua pantai aman.,

”Seiring dengan serangan hiu terbaru, kami menyambut semua proposal untuk memastikan keselamatan nyawa manusia saat berada di pantai,” kata Frydenberg. ”Termasuk menggunakan teknologi drum terbaru, jarring hiu, atau tindakan lain yang pas dengan kebutuhan,” sambungnya.

Sebenarnya, seiring dengan meningkatnya serangan dari hiu di pantai-pantai Australia Barat, belum ada teknik spesifik yang digunakan untuk memastikan keamanan penikmat olahraga laut. Sebelumnya, penggunaan drum yang diapungkan sebagai perangkap untuk hiu sudah digaungkan. Tetapi, kata Kementerian Perikanan Australia Barat, itu tidak efektif.  ”Teknik itu tidak benar-benar membuat pantai-pantai menjadi lebih aman,” kata Dave Kelly.

Kematian Brouwer pun memicu duka mendalam untuk keluarga yang ditinggalkan. ”Kami sangat terluka dengan kejadian ini,” kata paman Brouwer, Steve Evans. Meski demikian, keluarga Brouwer yang tinggal di kota Esperance itu mengikhlaskan kepergian anggota keluarganya. ”Kami menghibur diri dengan kenyataan bahwa Laeticia meninggal dunia saat melakukan hal yang dicintainya,” sambungnya.

”Laut dan adalah semangat untuknya dan keluarga. Surfing adalah sesuatu yang menjadi harta karun bagi ayah dan saudara perempuannya.” ”Laeticia akan dirindukan oleh keluarga, teman, dan semua yang mengenalnya,” tutup Evans. (BBC/tia)