Go Green!

ilustrasi

hargo.co.id – Menjaga lingkungan merupakan hal yang sangat penting untuk tetap melestarikan bumi kita. Lapisan ozon yang kian menipis, polusi udara dimana-mana, bajir dan longsor merupakan ulah dari tangan-tangan tak bertanggung jawab yang menyebabkan bumi kita yang semakin tua ini juga semakin tidak terjaga keasriannya. Itulah mengapa setelah berbuat kegiatan yang tidak bertanggung jawab tersebut akhirnya kitapun merasakan dampaknya bukan?

sosialisasi tentang bahaya sampah plastik

Itulah yang menyebabkan segelintir pemuda yang sadar akan lingkungan membentuk sebuah komunitas, demi menciptakan inovasi baru yang bisa mereka terapkan untuk masyarakat sekitar demi tetap terus menjaga bumi.

Yup, Hilo Green Community Gorontalo namanya! Komunitas yang tersebar luas di Indonesia ini merupakan komunitas peduli lingkungan, melakukan aksi positif merupakan cara mereka meluapkan segala ide dan inovasi yang mereka punya untuk masyarakat agar bisa sama-sama menjaga bumi.

pemberian hadiah kepada anak-anak sebagai bentuk apresiasi

Dan dalam rangka memperingati hari bumi, Hilo Green Community Gorontalo mengadakan gerakan “Safe Plastic and World For Our Generations” bersama anak-anak jendela dunia. Banyak yang dilakukan, seperti memberikan sosialisasi tentang pentingnya menjaga lingkunga dan juga bahaya sampah plastik hingga turun langsung bersama anak-anak untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi hasil karya tangan yang cantik.

Kampanye bebas tas plastik

Maka dari itu, sekecil apapun aksi yang kita lakukan namun itu bisa memberikan manfaat besar bagi orang banyak tentu bisa menghadirkan kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi kita pastinya. Selain itu walaupun kegiatan ini hanya sekadar mensosialisakan dan mempraktekan langsung cara mmendaur ulang sampah yang baik, setidaknya kegiatan ini bisa mencegah kerusakan yang akan terjadi pada bumi kita di masa yang akan datang, karena para generasi selanjutnya layaknya anak-anak tersebut sudah mendapatkan bekal yang cukup untuk terus mempertahankan bumi mereka.

Adapun gerakan kampanye peduli lingkungan dengan tema “Mo Tukar Tas Plastik”. Kampanye ini didedikasikan langsung untuk masyarakat agar dapat mengganti tas plastik mereka dengan ‘reusable bag’ yang tentunya lebih ramah lingkungan dan bisa digunakan berkali-kali. Selain menekan produksi sampah plastik, kampanye ini juga memiliki tujuan untuk menghimbau para masyarakat agar sadar akan lingkungan yang mulai tercemar ini. Maka dari itu semoga dengan adanya kampanye lingkungan ini bumi kita bisa tetap terus terlestarikan hingga dimasa yang akan datang. (ZT-06/hargo)

 

KATA MEREKA TENTANG HARI BUMI :

Aldi Inaku
UNG

Sederhana tapi Bermanfaat

Melakukan sesuatu untuk lingkungan tidaklah harus hal-hal yang besar. Karena hal-hal sederhana pun nyatanya dapat bermanfaat untuk lingkungan kita. Seperti yang saya lakukan selama ini, yakni tidak membuang sampah sembarangan, menghemat penggunaan air dan penggunaan listrik. Saya menyadari bahwa akan ada dampak jangka panjang yang akan kita rasakan ketika kita berusaha untuk menjaga lingkungan kita. (ZT-08)

 

 

 

Grace Dwi Laksana
SMKN 4 Gorontalo

Lestarikan Bumi Kita

Sesuatu yang saya lakukan untuk menjaga lingkungan tetap bersih, dengan melakukan gerakan 3R dan penghijauan di lingkungan sekitar baik di halaman rumah maupun di sekolah, Pemilahan sampah , serta pengomposan. Semua yang telah dilakukan merupakan aksi positif yang berdampak baik terhadap lingkungan sekitar. Maka mulailah aksi kita untuk melestarikan bumi kita, demi kebaikan di masa yang akan datang. Mulailah dari diri kita sendiri guys. (ZT-07)