Bendera OPM Berkibar di Bali

Berkibar : Bendera OPM berkibar di SDN 4 Kuta, Badung, sejak Selasa malam sebelum diturunkan aparat intelijen Polsek Kuta dok: JAWA POS GROUP

hargo.co.id BALI – Aksi separatisme Organisasi Papua Merdeka (OPM) mulai menyusup Kuta. Hal itu menyusul ditemukannya bendera Bintang Kejora yang identik OPM berkibar di salah satu sekolah.

Tidak jelas siapa pelaku yang mengibarkan bendera yang terdiri atas tiga paduan warna itu, yakni putih, biru, dan merah tersebut.

bendera itu telah berdiri dengan gagahnya terpasang di garase Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Kuta yang berlokasi di Jalan Kartika Plaza, Kelurahan Kuta, Badung. Pertama kali ditemukan sekitar pukul 23.00 WITA.
Sementara, Erwin Yudi Kisnowo, 55, penjaga sekolah setempat mengaku dirinya melihat bendera tersebut membentang di garasi SDN 04 Kuta sejak Minggu (31/1).

Di pihak lain, aparat Polsek Kuta masih menyelidiki siapa pelaku yang memasang bendera Bintang Kejora tersebut. “Saksi tidak mengerti itu bendera apa.

Jadi dia abaikan dan biarkan bendera itu terpasang,” ucap Kapolsek Kuta, Kompol I Wayan Sumara dilansir dari Bali Express, Jumat (5/2).

Sumara menambahkan, penjaga sekolah asal Desa Tapan Reco, Kecamatan Muncan, Banyuwangi, Jawa Timur itu tak tahu siapa oknum yang memasang bendera tersebut.

Akan tetapi perwira polisi satu melati itu mensinyalir keberadaan bendera tersebut berkaitan dengan kegiatan warga Papua di wilayah Kuta. “Penyelidikan sedang dilakukan.

Sejauh ini kami belum meminta keterangan dari kelompok masyarakat Papua di Badung,” jelasnya.

Kapolda Bali Irjen Polisi Sugeng Priyanto menegaskan temuan tersebut memang bendera OPM. “Pihak sekolah mengira itu bendera tim sepakbola. Oleh karena itu dibiarkan saja,” ujarnya.

Diakui Sugeng, penyelidikan terkait siapa yang memasang bendera sedang dilakukan Polresta Denpasar. Kini bendera Bintang Kejora tersebut diamankan di Polsek Kuta. (ken/bas/tos/iil/JPG/hargo)

Sumber: jawa pos