Gorontalo Bukan Cuma Jago Kandang, Ini Buktinya!

GORONTALO Hargo.co.id – Kemampuan berpolitik orang Gorontalo sudah tak diragukan lagi. Banyak putra dari Bumi Hulondhalo yang kini eksis dalam kancah politik nasional. Sebut saja Ketua MKGR yang juga ketua BURT DPR-RI Roem Kono, Ketua Komisi II DPR-RI Zainudian Amali, serta salah satu Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) Suharso Monoarfa, merupakan putra Gorontalo.

Bahkan jabatan-jabatan strategis di negeri ini juga pernah ditempati oleh putra dari daerah ini. Seperti BJ Habibie yang menjadi Presiden ketiga RI atau Fadel Muhammad yang pernah menduduki jabatan menteri kelautan dan perikanan, Rachmad Gobel pernah menduduki Menteri Perdagangan.

Jadi soal kemampuan berpolitik, orang Gorontalo punya talenta. Karena deretan keberhasilan tokoh-tokoh Gorontalo dalam kancah politik nasional, pada saat yang sama juga dibarengi dengan keberhasilan beberapa putra daerah dalam mengikuti kompetisi pilkada di daerah lain. Kemenangan pasangan Anis Baswedan- Sandiaga Uno (Anis-Sandi) di Pilkada DKI Jakarta, telah menambah contoh kehebatan orang Gorontalo dalam berkompetisi politik di daerah rantau. Karena Sandiaga Uno yang hampir dipastikan akan segera menduduki jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017-2022 itu merupakan putra asli Gorontalo.

Sesungguhnya kemenangan Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta telah menambah deretan keberhasilan putra Gorontalo di pilkada daerah lain. Karena sebelumnya sudah ada Danny Pomanto yang berhasil keluar sebagai pemenang Pilwako Makasar pada 2013 lalu. Sehingga dia menjadi Walikota Makasar dari 2014-2019.

Lalu, Wakil Gubernur Kalimantan Utara Udin Hianggio yang berhasil menjadi pemenang Pilgub Kalimantan Utara pada 2015 lalu. Begitupun dengan Bupati Bolaang Mongondouw Timur Sehan Landjar yang menjadi pemenang Pilbup Boltim 2015.

Kemudian Bupati Bolaang Mongondouw Selatan Herson Mayulu yang juga menjadi pemenang saat pilkada 2015. Terakhir Bupati Kabupaten Tojo Una-una, Mohammad Lahay yang menjadi pemenang pada Pilkada 2015. Sebelumnya ada beberapa putra daerah yang juga menjadi pemimpin di daerah rantau. Seperti mantan Walikota Bekasi Mochtar Mohammad serta Mantan Bupati Kabupaten Luwuk Banggai Sofyan Mile.

Keberhasilan putra-putra Gorontalo menjadi pemimpin di daerah lain memang membanggakan warga Gorontalo karena akan mengangkat pamor daerah. Namun hal lain yang patut digarisbawahi dari fenomena ini bahwa, orang-orang Gorontalo tak hanya sekedar jago kandang. Tapi juga piawai berpolitik di daerah rantau. (rmb/hargo)