Hadir di Pasifika Festival Auckland, Menteri Arief Yahya Siap Promosikan Belitung dan Museum Kata

Menpar Arief Yahya. (foto dok Jawa Pos)

Hargo.co.id SELANDIA BARU – Apa yang terlintas di pikiran anda begitu mendengar negara Selandia Baru? Tokoh Hobbit? Film Lord of the Rings? Pemandangan alam bukit hijau yang menghampar hingga domba-dombanya itu?

Nah, di Negara yang berada di Pacific, tenggara benua Australia itu akan digelar Pasifika Festival, Auckland, Selandia Baru, 12-13 Maret 2016.

“Wonderful Indonesia akan tampil di festival itu,” kata Menpar Arief Yahya, di Jakarta.

Mantan Dirut PT Telkom ini terinspirasi dari pesatnya tourism di destinasi yang di-drive dari novel, cerita, lalu difilmkan dan menjadi promosi efektif. Kisah Hobbit, sukses film Lord of The Ring, dan New Zealand yang fantastis di pariwisata adalah contoh konkret sinergitas tiga komponen itu dalam satu kesatuan, untuk promosi.

“Kita punya Andrea Hirata, Laskar Pelangi, film yang booming, dan brand destinasi wisata Belitung sebagai Negeri Laskar Pelangi,” kata Arief Yahya yang 9 Maret 2016 sempat berkunjung ke Museum Rumah Kata, di Beltim.

Museum yang dikelola oleh Andrea Hirata, untuk mengingatkan publik akan kekuatan kata-kata dalam sastra yang sangat mempengaruhi persepsi orang. Belitung, dikenal luas di seluruh dunia karena kata-kata dan cerita.

“Mirip dengan sukses promosi Manchu Pichu di Peru, Amerika Latin, Loy Krathong Festival di Thailand dan Hobbiton di New Zeland itu. Ketiganya dipopulerkan melalui kombinasi novel, film dan destinasi wisata.

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →