Hanung Bramantyo Filmkan Perjuangan Sultan Agung

Jumpa pers jelang produksi film Sultan Agung di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/8). (Dedi Yondra/JawaPos.com)
Jumpa pers jelang produksi film Sultan Agung di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/8). (Dedi Yondra/JawaPos.com)

Hargo.co.id – Kisah hidup dan perjuangan raja pertama Kerajaan Mataram, Sultan Agung akan diangkat ke layar lebar. Film yang diproduksi Mooryati Soedibyo Cinema itu diberi tajuk Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta.

Mooryati Soedibyo sebagai produser mengatakan bahwa difilmkannya sebagian kisah hidup Sultan Agung adalah untuk mengingat jasa penting beliau.

Raja Mataram dinilai mempunyai semangat untuk mempersatukan nusantara yang saat itu sedang terpecah belah karena perebutan kekuasaan dan juga dikuasai penjajah Belanda dengan kedok perdagangan rempah di bawah VOC.

“Film ini saya persembahkan kepada bangsa untuk menghidupkan kembali semangat persatuan dan kesatuan. Ditujukan bagi generasi penerus supaya mengenal dan menghargai perjuangan pahlawan kita, salah satunya Sultan Agung,” kata Mooryati Soedibyo saat jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/8).

Wanita 89 tahun itu menambahkan, film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta fokus menceritakan tentang pengorbanan dan cinta tanah air sosok Sultan Agung.

Bangku sutradara dalam film ini bakal diisi oleh Hanung Bramantyo. Dia mengaku kaget saat ditawari mengerjakan film ini oleh produser.

“Ibu Mooryati yang bukan orang film berniat membuat film yang bukan film horor, komedi, atau romance. Tapi film yang belum pernah disentuh oleh orang film sekalipun. Makanya saya tertarik,” jelas Hanung Bramantyo.

Suami Zaskia Adya Mecca ini mengungkapkan, menurutnya, Sultan Agung adalah sosok yang cukup penting dalam sejarah bangsa. Namun belum ada sineas yang mengangkat kisahnya ke karya layar perak. Oleh sebab itu dia ingin membantu Mooryati Soedibyo mewujudkan impiannya.

Persiapan penggarapan film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta segera dimulai. Hanung Bramantyo menyebut dirinya akan melibatkan sejarawan untuk memahami seluk beluk Sultan Agung maupun Kerajaan Mataram. Selain itu dia juga masih dalam tahap pencarian pemeran lainnya.

Saat ini pemain film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta yang dipastikan terlibat yakni Aryo Bayu dan Anindya Kusuma Putri. Aryo Bayu bakal memerankan Sultan Agung dan Anindya Kusuma Putri sebagai Ratu Batang, permaisuri Sultan Agung.

(ded/JPC/hg)