Harga Cabai Bervariasi, Pasar Bastiong Lebih Mahal Dibanding…

Para pedagang di Pasar Bastiong, Ternate, Maluku Utara. FOTO: Malut Post/JPNN.com

hargo.co.id – Harga bawang, rica dan tomat (barito) di PasarBarito Bahari Berkesan dan Pasar Bastiong Ternate beragam. Pantauan Malut Post (Jawa Pos Group) kemarin (16/4), harga barito di Pasar Barito lebih murah dibandingkan Pasar Bastiong.

Bahkan perbedaannya cukup jauh Di Pasar Barito Bahari Berkesan, rica keriting Rp 20 ribu, rica nona Rp 50 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya harga kedua komoditas ini adalah Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu per kilogram.

“Kalau cabe rawit yang sebelumnya Rp 70 ribu, sekarang turun Rp 50 ribu per kilogram,” ujar Jun, pedagang.Untuk harga bawang merah dan bawang putih harganya yang sebelumnya Rp 50 ribu, turun menjadi Rp 48 ribu per kilogram. Begitu juga dengan harga tomat, turun dari Rp 20 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram.

Sedangkan lemon cui harganya turun dari Rp 30 ribu menjadi Rp 12 ribu per kilogram. “Pasokan stabil sehingga harganya turun.Di satu sisi harga barito di Pasar Bastiong jauh lebih tinggi.

Pantauan Malut Post jelang magrib kemarin, harga tomat Rp 18 ribu per kilogram, bawang putih dan bawang merah Rp 60 ribu per kilogram. Sementara rica nona dalam bungkusan plastik kecil Rp 10 ribu, dan rica keriting dalam kemasan yang sama juga Rp 10 ribu.(tr-05/onk/hg)