Harga Garam Bertahan Rp 3.500 per Bungkus

MESKI sudah mengalami penurunan, harga garam sulit untuk kembali seperti semula. Saat ini harganya berkisar Rp 3.000 hingga Rp 3.500 per bungkus

Hargo.co.id GORONTALO – Sejak heboh kenaikannya pada bulan lalu, harga garam masih bertahan meski sudah mengalami penurunan. Garam tercatat bertahan dengan harga Rp 3.500 per bungkus dengan ukuran 175 gram.

Sejumlah pedagang di pasar sentral Limboto mengaku kini tidak terlalu sulit lagi mendapatkan garam jika dibandingkan dengan moment meroketnya harga bumbu dapur yang satu ini. Stok saat ini cukup tersedia. Namun, harga garam belum bisa turun seperti sedia kala dalam waktu dekat ini.

Seperti yang diungkapkan Dulah, pedagang di pasar sentral Limboto. Dulah mengatakan, dia mendapatkan garam dari wilayah Manado dan belakangan sudah ada pemasok yang datang langsung ke Gorontalo.

“Mungkin ini dampak dari berita impor garam 75 Ribu Ton lalu. Sekarang, garam tidak seperti bulan lalu, sulit sekali dicari,” kata Dulah.

Hal senada juga diungkapkan Anita, pedagang lainnya. Saat ini, dia menjual garam dengan harga Rp 3.000 sampai Rp 3.500 per bungkus. Jika dibeli per pak, dia mendapatkannya dengan harga Rp 76 Ribu isi 20 bungkus ukuran sekitar 175 gram.

Menurutnya, kenaikan harga garam tidak terlau terasa sebab rata-rata para ibu rumah tangga menggunakan bumbu lain sebagai alternatif. Selain itu, dalam pembelian sebungkus harga Rp 3.500, bisa dihabiskan dalam waktu maksimal sebulan. “Kalau pengusaha ikan garam mungkin sangat terasa,” pungkasnya.(axl/hg)