Harga Sembako Stabil Jelang Ramadan, Disperindag Jaga Kemungkinan Kenaikan Harga Signifikan

Kenaikan harga bahan pangan di pasar tradisional Limboto jelang Ramadan diakui merupakan siklus tahunan yang harus diantisipasi sejak dini.

LIMBOTO – Hargo.co.id – Harga-harga barang pangan hingga kini masih dalam kategori stabil. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan saat memasuki bulan suci Ramadan yang tidak lama lagi, harga-harga tersebut akan naik secara signifikan.

Pantauan Gorontalo Post di pasar tradisional Limboto, kemarin, Jumat (21/4), harga pangan terutama barito (bawang, rica, tomat) masih stabil. Seperti bawang merah dijual Rp 32 Ribu per Kg dan bawang putih dijual Rp 40 Ribu per Kg.

Sementara cabe rawit atau rica dijual Rp 55 Ribu hingga Rp 60 Ribu per Kg. Sedangkan tomat dijual Rp 12 Ribu per Kg. Beras juga terpantau stabil, rata-rata mulai Rp 8.500 hingga Rp 9.500 per Kg. Daging juga stabil dengan harga Rp 110 Ribu per Kg.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Gorontalo, Darwin Romi Syahrain, saat diwawancarai Gorontalo Post, mengatakan, pihaknya hingga kini masih terus melakukan pemantauan terhadap harga-harga barang pokok.

“Kami terus memantau pasar-pasar tradisional dan hingga kini harga-harga barang harian seperti rica, beras, gula dan lain-lain masih cenderung stabil,” ujarnya¬†Meski demikian, Darwin tak menampik akan kemungkinan adanya kenaikan saat akan memasuki bulan Ramadan.

“Ini sudah merupakan siklus tahunan, tapi kami tetap akan melakukan operasi pasar di waktu-waktu yang sangat berpotensi terjadinya kenaikan yang signifikan seperti pada awal-awal , hingga menjelang akhir bulan Ramadan,” tambahnya.(axl/tr-55/hg)