Harga Tomat Turun, Rp 10 Ribu per Kg

Tomat yang dijual pedagang. (Foto Natha/Gorontalo Post)

GORONTALO Hargo.co.id – Setelah bertahan di atas Rp 20 ribu lebih dari tiga pekan, harga tomat di pasaran kini berangsur menurun. Kemarin (11/8), para pedagang menjual tomat Rp 10 ribu per kg.

Turunnya harga tomat tersebut disebabkan banyaknya suplai tomat ke pedagang. Rata-rata per dua hari, pedagang memperoleh stok tomat sebanyak 20 kg.

Nani, salah seorang pedagang di pasar tradisional, mengatakan, harga tomat diperkirakan akan terus menurun, mengingat panen tomat di kalangan petani pada pekan ini cukup memuaskan. “Saya belinya langsung di petani, hasil panen mereka cukup banyak,” katanya.

Turunnya harga tomat ini, lanjut Nani, telah mempengaruhi penjualan. Dimana setiap hari permintaan tomat terus naik. “Tomat yang laku sekarang sudah mencapai 15 kg sehari, waktu masih mahal, sehari hanya 7 kg saja,” ungkapnya.

Tak hanya Nani, Didi pedagang lainnya juga mengaku harus menurunkan harga tomat disebabkan harga di tingkat pemasok telah turun. “Harga turun sekitar 20 persen di tingkat pemasok, jadi harga di pasar juga kami turunkan,” tuturnya.(dan/hg)