Hari Diskon 11.11 di Tiongkok, Alibaba Jual iPhone X Rp 20 Ribu

Para pekerja di Lianyungang, Jiangsu membungkus barang untuk persiapan perayaan hari Jomblo di Tiongkok yang identik dengan pemberian diskon besar 2016. (AFP/Getty Images)

Hargo.co.id – Tanggal cantik 11.11 (11 November) yang dijadikan hari belanja dengan memberi diskon besar tidak hanya populer di Indonesia. Jika di tanah air diskon itu diberikan untuk pembelian secara online, tidak demikian di Tiongkok. Momen 11.11 juga berlaku penjualan secara langsung di toko.

Sebenarnya, 11 November adalah perayaan untuk single day atau hari jomblo sedunia. Namun, saat ini 11 November justru lebih populer dengan hari diskon dan ditunggu-tunggu oleh semua masyarakat Tiongkok. Begitu juga kami, mahasiswa Indonesia yang sedang menjalankan studi di Tiongkok. Bagaimana perayaan 11 November di negeri ini? Kenapa semua orang menunggu tanggal 11 November dan Apa yang kami lakukan pada 11 November?

Di Tiongkok, 11 November berarti hari diskon besar-besaran. Dilakukan setiap tahun sekali. Di sini, hampir semua barang bermerek dan brand terkenal bisa menjadi barang seperti kacang rebus di Tiongkok. Murah, dan dengan uang yang dimiliki, pembeli bisa memborong banyak barang.

hari belanja online, belanja online di china, tiongkok,

Para pekerja di Nanjing, Jiangsu sedang melakukan scanning terhadap barang yang akan dikirim dari online shop pada 7 November. (REUTERS)

Cuma satu hari, pada 11 November itulah semua benda apapun bisa menjadi murah. Dari setengah harga, bahkan diskonnya bisa sampai 80 persen. Mulai dari peralatan elektronik, maupun kebutuhan rumah tangga. Apapun itu. Ketika suatu toko memberikan label 11.11 di depannya, berarti ada diskon di dalamnya.

Alibaba, sebagai salah satu grup raksasa di Tiongkok juga berpartisipasi di hari diskon itu. Banyak cara yang dilakukan supaya pelanggannya selalu menunggu dan menyambut 11.11. Seperti di saat semua orang mengincar iPhone X dengan harga RMB 9 ribu atau sekitar Rp 18,3 juta, Alibaba menawarkan ponsel premium itu dari RMB 10 sampai RMB 100 bagi yang beruntung (RMB 1 = Rp 2.035).

Perusahaan milik Jack Ma itu membuat permainan yang menarik secara online melalui Taobao. Syarat untuk mendapat iPhone X seharga RMB 10 atau setara Rp 20 ribu sebenarnya mudah. Hanya memantau online shop itu sampai iklan iPhone X muncul dan memberikan harga yang sangat murah.

Biasanya, Taobao hanya memberikan waktu 1 menit atau 2 menit sebanyak 10 kali dalam satu hari. Jika beruntung, setelah berebut untuk membeli dengan banyak orang, ponsel yang baru diluncurkan Apple itu bisa didapat dengan harga sangat murah.

Apa yang dilakukan masyarakat Tiongkok untuk menyambut 11.11, juga dilakukan sebagian kami, para mahasiswa di Tiongkok. Biasanya, kami pelajar akan memantau online shop Taobao. Kami bisa memilih barang apa saja dengan harga sangat murah.

Di sini, proses pembayarannya juga sederhana. Barang yang sudah dibeli melalui smartphone bisa dibayar melalui aplikasi Taobao. Tidak perlu ke ATM karena seluruh online shop di Tiongkok terhubung dengan saldo perbankan Tiongkok.

Ditulis oleh:

Mulia Mardi

Ketua PPIT Wuhan 2017

Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok Wuhan

(dim/JPC)