Hari Inovasi Indonesia, Masa Depan Bangsa Tergantung Anak Mudanya

Hargo.co.id, Zetizen-GP- “Innovation distinguishes between a leader and a follower.” – The Innovation Secrets, Steve Jobs

Apa yang pertama kali terlintas di benak Zetizen Gorontalo ketika mendengar kata inovasi? Perubahaan? Sesuatu yang baru? Atau lebih dari itu? Sebagaimana di lansir dari bussinessdictionary.com inovasi merupakan implementasi dari ide atau penemuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan bernilai guna. Nah, di zaman yang sudah serba digital ini orang-orang dituntut untuk menjadi kreatif. That’s why banyak sekali inovasi-inovasi baru hadir sebagai jawaban dari keresahan masyarakat.

By the way, Zetizen Gorontalo harus tahu kalau tanggal 1 November ditetapkan sebagai Hari Inovasi Indonesia. Membahas soal inovasi, Gorontalo punya satu anak muda yang menjadi inovator dan patut jadi panutan lho! Siapa dia? Yuk simak.

Mohamad Idrak Olii  CEO anamuda. com

Mohamad Idrak Olii atau sering di sapa dengan Omi adalah salah satu inovator muda di Gorontalo. Lahir dan besar di Sulawesi Tengah, tidak menjadi alasan Kak Omi untuk tidak membangun daerah asalnya, Gorontalo.

“Gorontalo itu selalu menjadi daerah di mana anak-anak Gorontalo ingin berkarya dan mengabdi, begitu juga dengan saya. Sejauh apa pun kita melanglang buana tetap keinginannya itu mengabdi untuk daerah sendiri.” jelas Kak Omi.

Masih muda dan bertalenta, Kak Omi adalah founder sekaligus CEO dari anamuda.com yang merupakan portal informasi anak muda kekinian dan dikelola sepenuhnya oleh anak muda dengan konten segar dan positif. Nah, anamuda.com juga menjadi wadah bagi komunitas-komunitas pemuda yang ada di Gorontalo untuk berkembang. Bukan hanya itu saja, Kak Omi dan kawan-kawannya sebisa mungkin menjadi jembatan dari komunitas-komunitas tersebut untuk menggapai mimpi-mimpi besar mereka melalui sarana yang bisa mereka berikan.

Selain mengembangkan anamuda.com, Kak Omi juga sementara mengembangkan salah satu aplikasi jual beli khusus untuk penjual dan pembeli lokal lho! Wah, hebat kan? So, Zetizen Gorontalo harus bisa menjadi seorang developer atau pun inovator muda yang berdaya dan memberikan dampak untuk sekitar. Usahakan bisa lebih dari apa yang sudah dan sementara dilakukan oleh Kak Omi. Yuk berlomba-lomba dalam kebaikan! (ZT-10/hargo)

 

Tri Alfandra Labuga,
Pemenang MAWAPRES UNG 2017

Membuat Aplikasi Budaya 
Inovasiku Saat ini adalah menggarap sebuah project membuat aplikasi budaya yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Gorontalo kepada masyarakat luas. Sehingga dengan ini diharapkan budaya Gorontalo tetap terjaga dan tetap dikenal. (ZT-11)

 

Della Mutia Ibrahim
Duta GenRe Provinsi Gorontalo 2017

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
Inovasi yang sedang kulakukan adalah melakukan pengajaran yang have fun kepada siswa-siswi dengan tujuan untuk ikut melaksanakan sebagian tugas Warga Negara Indonesia yaitu ‘Mencerdaskan Kehidupan Bangsa’. (ZT-11)

 

Eka Vickraien Dangkua
Duta Pemuda Kreatif Indonesia 2017

Keren dan Positive
Generasi muda atau Generasi Millenia yang suka berinovasi itu keren dan positive banget, karena sebetulnya inovasi itu hanya lahir dan datang dari generasi muda yang punya pemikiran fresh. Apalagi saat ini sudah ada yang namanya teknologi sehingga semua generasi muda sangat terbantu dalam berinovasi. (ZT-11)

 

Rian Gobel
Penggiat Deezkon Gorontalo

Co-Working Space Bagi Remaja 
Saya sangat suka dengan generasi muda yang suka berinovasi, saya sendiri pun suka berinovasi, karena inovasi itu tidak statis tapi dinamis. Saat ini saya sedangberinovasi membuat Co-Working Space dimana saya mengumpulkan remaja yang punya bakat tertentu dan memberikan wadah bagi mereka untuk berkarya dan berekspresi. (ZT-11)