Hari Perhubungan Nasional, Menhub Resmikan Skytrain Soekarno-Hatta

Penampakan dari Skytrain kereta tanpa awak yang berbasis automated people mover system (APMS), saat dilakukan uji coba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. ((Adrianto/Indopos/JawaPos.com))

Hargo.co.id Peresmian dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II, M. Awaluddin.

Dalam sambutannya, Budi Karya mengungkapkan kebanggaannya atas beroperasinya Skytrain Bandara Soekarno-Hatta tersebut. Dia menyebut Skytrain menjadi kado yang luar biasa di Harhubnas 2017 ini.

“Hari Perhubungan Nasional yang merupakan hari bakti perhubungan, PT Angkasa Pura II memberikan kado yang luar biasa, membaktikan diri kepada masyarakat,” ujarnya di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (17/9).

Menurutnya, Bandara Soekarno-Hatta merupakan showcase Indonesia, “Oleh karenanya menjadi keharusan menampilkan kecantikan dan memiliki fungsi sama baiknya dengan bandara terkemuka,” kata Budi Karya.

Budi Karya juga menyampaikan bahwa bulan Desember 2017 nanti, Skytrain akan terhubung ke seluruh terminal di Bandata Soekarno-Hatta.

“Desember 2017 nanti terminal 1 sampai terminal 3 akan terhubung dengan Skytrain dan Kereta Api Bandara dari Dukuh Atas. Jadi nanti kalau kita berhenti di stasiun utama bila akan ke terminal 2 dan 3 bisa tanpa menggunakan kendaraan,” jelas dia.

Selain itu, lanjut Budi Karya, BUMN dan PT Angkasa Pura II sangat luar biasa, karena dapat mengerjakan ini dalam satu tahun. “Itu tidak mudah dan saya ucapkan selamat kepada PT. Angkasa Pura II,” tuturnya.

(cr3/JPC)