Hasil Pertandingan Juventus vs Barcelona: Skor 0-0

Dybala dan Messi. © AFP

Hargo.co.id – Pertandingan matchday 5 Grup D Liga Champions 2017-18 mempertemukan Juventus melawan Barcelona. Pertandingan ini digelar di Allianz Stadium pada hari Kamis (23/11).

Kedua tim tak menunjukkan kreativitas mereka dalam pertandingan ini. Tak banyak peluang yang tercipta dan laga pun dipungkasi tanpa gol.

Barcelona sudah bisa menguasai bola lebih banyak dari tuan rumah sejak awal laga. Juventus membiarkan Barca menguasai bola sampai ke lapangan tengah namun penjagaan menjadi ketat saat memasuki sepertiga akhir lapangan.

Juventus bukannya parkir bus, namun mereka bermain rapat agar tak ada ruang yang bisa dieksploitasi para pemain Barca. Saat menguasai bola, Juventus juga tidak serta-merta melakukan serangan balik. Juve berusaha menata permainan mereka sebaik mungkin dan tak terburu-buru mengalirkan bola ke depan.

Namun duel dua taktik ini tak bisa menghasilkan banyak peluang bagi kedua tim. Sampai jeda usai babak pertama, tak ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Barcelona berusaha menaikkan daya dobrak mereka. Lionel Messi yang sebelumnya disimpan akhirnya dimasukkan menggantikan Gerard Deulofeu. Juventus juga melakukan penyegaran taktis dengan beralih dari 4-3-2-1 menjadi 4-3-3.

Perubahan yang dilakukan Massimiliano Allegri membuat Juve bisa lebih mudah dari tekanan Barcelona. Juve mulai bisa mengembangkan permainan di area berbahaya Barca. Namun pertahanan kedua tim masih terlalu tangguh dan tak banyak peluang yang diciptakan lini tengah masing-masing tim.

Satu-satunya peluang emas diciptakan oleh Paulo Dybala pada injury time. Mendapatkan bola di depan kotak penalti Barca, Dybala melepas tembakan first time melengkung yang mengarah ke pojok bawah gawang Barca. Namun Marc-Andre Ter Stegen masih mampu menepis tembakan itu.

Sampai laga usai, kedua tim tetap tak mampu mencetak gol. Dengan hasil ini, Barca dipastikan lolos ke babak 16 besar. Sementara itu, Juve berada di posisi dua dengan delapan poin. Di laga lainnya di Grup D, Sporting Lisbon menang 3-1 atas Olympiakos.

Susunan pemain Juventus: Gianluigi Buffon, Daniele Rugani, Medhi Benatia, Alex Sandro, Andrea Barzagli, Paulo Dybala, Miralem Pjanic (Rodrigo Bentancur), Sami Khedira, Gonzalo Higuaín, Douglas Costa (Blaise Matuidi), Juan Cuadrado (Claudio Marchisio).

Susunan pemain Barcelona: Marc-André ter Stegen, Samuel Umtiti, Gerard Piqué, Lucas Digne, Nélson Semedo, Paulinho, Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Luis Suárez, Andrés Iniesta (Jordi Alba), Gerard Deulofeu (Lionel Messi). (bola/hsw/hg)