Hiu Paus Bisa Jadi Jinak, Begini Rahasianya

Ilustrasi Hiu Paus di Gorontalo. (foto istimewa Wawan Iko)

Hargo.co.id GORONTALO — Wakil Ketua II POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) Gorontalo, Wawan Iko, mengatakan kemunculan hiu paus di perairan Gorontalo bisa menjadi destinasi wisata baru di Gorontalo, apalagi kemunculannya berbarengan dengan musim nike. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Namun demikian Wawan mengingatkan kepada masyarakat Gorontalo khususnya para pengunjung pantai agar kiranya dapat memberikan kenyamanan terhadap Hiu tersebut dan tidak melakukan hal-hal yang bisa mengundang reaksi buruk dari Hiu itu.

“Ini bisa jadi destinasi baru di Gorontalo, sepanjang pola hidupnya tetap alami sehingga kehidupannya tidak terganggu,” ujar Wawan yang juga instruktur diving.

Lebih lanjut Wawan menjelaskan,Ikan Paus Hiu akan bereaksi jika ada yang menggangunya atau memberi makan secara berlebihan. “Jangan sentuh dia. Di Teluk Cendrawasih, mereka hidup nyaman karena berlaku hukum adat. Jadi tidak ada yang berani mengganggu atau seenaknya memberi makan. Apalagi keberadaan hiu-hiu tersebut hanya sekitar 15 meter dari bibir pantai dengan kedalaman 6-7 meter,” urai Wawan.