Idul Adha, Pemkab Bone Bolango Targetkan 1.000 Ekor Hewan Qurban

Kabag Kesra, Moh. Iriyanto Datau

BONE BOLANGO Hargo.co.id – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Bone Bolango menargetkan sebanyak 1.000 ekor hewan qurban, baik sapi maupun kambing pada Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M.

Hal ini sebagaimana diutarakan Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Bone Bolango, Moh. Iriyanto Datau saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (10/8).

Ia mengatakan, pada pelaksanaan Idul Adha 1437 H/2016 kemarin, hewan qurban yang disembelih baik yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga masyarakat di Bone Bolango, itu tercatat sebanyak 780 ekor sapi dan kambing.

“Untuk tahun ini kita menargetkan sebanyak 1.000 ekor hewan qurban, baik itu sapi maupun kambing. Insya Allah target tersebut bisa kita capai. Paling tidak bisa melebihi jumlah hewan qurban pada tahun 1437/2016 kemarin,”ujarnya.

Kabag Kesra menyebutkan hingga saat ini, data hewan qurban yang tercatat di Bagian Kesra Setda Bone Bolango, baru berjumlah 18 ekor sapi yang berasal dari beberapa OPD di lingkungan Pemkab Bone Bolango.
Jumlah ini akan terus bertambah karena masih ada beberapa OPD yang belum melaporkan.

Begitu juga yang dari kecamatan, desa, kelurahan maupun dari masyarakat, itu data hewan qurbannya belum ada yang masuk.
Meski begitu, Moh. Iriyanto Datau berharap kepada seluruh Camat dan Kepala Desa serta Lurah, kiranya mengajak masyarakat setempat untuk bisa meningkatkan penyembelihan hewan qurban pada Idul Adha kali ini.

Pada tahun ini, kita harapkan akan meningkat jumlah hewan qurban yang di sembelih baik itu sapi mapun kambing oleh masyarakat dan OPD di lingkungan Pemkab Bone Bolango.

”Insya Allah jumlah hewan qurbannya bisa mencapai target yang kita harapkan sebanyak 1.000 ekor,”urai mantan Kasubag Lembaga Adat yang belum lama ini dilantik menjadi Kepala Bagian Kesra Setda Bone Bolango ini. (11/9) (tr-54/hg)