INFO BMKG: 98 Persen Gerhana Matahari Lintasi Gorontalo

Tampilkan ilustrasi/visualisasi data dan informasi tentang Gerhana Matahari. (foto dok facebook BMKG Gorontalo)

Hargo.co.id GORONTALO – Fenomena langka gerhana matahari total akan nampak pada 9 Maret 2016.

Bahkan diprediksi gerhana matahari total ini sangat istimewa karena hanya terjadi di Indonesia.

Menurut data BMKG Gorontalo bahwa gerhana matahari total akan melintasi wilayah Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian Selatan, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Lantas bagaimana dengan Gorontalo? Dari rilis BMKG Gorontalo tersebut wilayah Gorontalo akan dilintasi oleh gerhana matahari total hampir 98 persen. Itu artinya Gorontalo akan gelap gulita di tanggal 9 Maret 2016 mendatang.

“Wilayah Gorontalo sendiri, matahari akan tertutup sekitar 97-98 persen (cukup gelap memang),” rilis BMKG seperti dikutip di laman facebooknya.

Sementara dengan adanya gerhana matahari total ini, beberapa daerah yang akan dilintasi gerhana matahari total akan dikunjungi lebih dari 100 ribu wisatawan di penjuru dunia.

“Daerah-daerah yang akan dilewati gerhana Total tadi dikabarkan para wisatawan (dalam dan luar negeri) sudah banyak yang akan berkunjung ke sana untuk menyaksikan secara langsung kejadian/fenomena astronomi ini,” lanjut rilis BMKG tersebut.

“Berikut kami tampilkan ilustrasi/visualisasi data dan informasi tentang Gerhana Matahari tersebut. Yang kami rangkum dari Sumber BMKG Pusat dan beberapa sumber lainnya”. (ndi/hargo)BMKG

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →