Ingin Perkembangan Anaknya Optimal, Ikuti Cara Ini

EKSPLOR: Nestle Dancow Excelnutri+ Explore The World menggelar program kegiatan antara si kecil dan orang tua agar dapat berekplorasi bersama di Mall Taman Anggrek, Jakarta, kemarin

Hargo.co.id – Ketika anak kita telah memasuki usia 1 tahun, wajib bagi para orang tua untuk membebaskan si kecil bereksplorasi dengan dunianya. Ekplorasi itu bertujuan untuk melatih kemampuan, kemandirian, hingga menumbuhkembangkan sensor motorik anak agar terstimulasi dengan baik.

“Eksplorasi ini merupakan kebutuhan si kecil agar tumbuh kembangnya baik dan optimal,” ujar Psikolog Ratih Ibrahim dalam acara Nestle Dancow Excelnutri+ Explore The World di Mall Taman Anggrek, Jakarta, kemarin.

Menurut Ratih, si kecil yang berksplorasi akan melatihnya mengenal dan berinteraksi dengan hal-hal baru. Hal itu berguna untuk mendukung keterampilan anak berkomunikasi. Kemudian membangun kecerdasan emosi dan sosial, kemampuan otak, hingga kreativitas anak.

Ratih menyarankan, sebaiknya anak berekplorasi dengan dunianya di lingkungan terbuka atau outdoor. “Dengan bereksplorasi di lingkungan terbuka, anak juga menjadi tangguh, berani, dan memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi,” ungkapnya.

Karena itu, para orang tua tidak perlu takut ataupun khawatir jika anaknya ingin bermain dan mencoba hal baru. Apalagi, saat anak memasuki usia setahun, itu sudah mulai muncul rasa ingin tahu dan senang bermain.