Ini Cara Mengatasi Virus Trojan Triada di Android

Ilustrasi

Hargo.co.id  – Trojan Triada ini menyebar melalui aplikasi yang diunduh atau diinstal pengguna dari sumber yang tidak terpercaya. Terkadang, aplikasi jenis ini juga ditemukan di Play Resmi.

Dalam toko aplikasi milik Google itu, Trojan Triada ini menyamar sebagai aplikasi game atau hiburan. Malware ini juga dapat diinstal ketika proses update dari aplikasi populer yang ada di perangkat.

Bahkan, Triada bisa juga menginfeksi perangkat mobile pada saat prainstal. “Perangkat yang paling berisiko adalah Android yang menggunakan OS 4.4.4 dan versi sebelumnya,” kata Nikita melalui keterangan tetulisnya, Minggu (6/3)

[Baca: Gawat! Virus Tojan Triada Bisa Alihkan SMS Keluar Pengguna Android]

[Baca: Begini Cara Kerja Trojan Triada di Perangkat Android]

 “Penjahat siber ini sangat profesional. Mereka juga memiliki arsitektur yang sangat baik dan dikembangkan dengan pengetahuan mendalam tentang serangan yang ditargetkan terhadap platform mobile,” sambungnya.

Nikita menjelaskan, Trojan Triada hampir tidak mungkin bisa dihapus dari perangkat yang terinfeksi. Pengguna hanya memiliki dua pilihan untuk dapat menyingkirkannya.

Cara pertama, dengan melakukan rooting pada perangkat yang terinfeksi dan menghapus aplikasi berbahaya secara manual. “Kemudian cara kedua adalah dengan melakukan jailbreak sistem Android pada perangkat,” pungkasnya.(fab/JPG/hargo)