Ini Klub-klub dari Grup A Hingga D yang Lolos ke 16 Besar

AS Roma tak sekadar lolos, melainkan menjadi juara Grup C (AFP)

Hargo.co.id  –  Laga pamungkas fase grup Liga Champions 2017-2018 untuk Grup A hingga Grup D telah berakhir. Tak ada drama terkait tim-tim yang lolos ke babak 16-besar lantaran memang sesuai prediksi publik.

Manchester United yang telah melaju terlebih dahulu didampingi FC Basel di Grup A. Basel memenangi persaingan dengan CSKA Moskva. Pada laga Rabu (6/12) dini hari WIB, Basel menang 2-0 di kandang Benfica. Dengan hasil tersebut, tim asuhan Raphael Wicky itu mengemas 12 angka.

Sementara itu, CSKA harus puas berada di peringkat ketiga dengan 9 angka setelah pada laga terakhir kalah 1-2 di kandang CSKA Moskva. Basel menjadi runner-up dan Man United juara Grup A.

Bayern Muenchen mampu mengalahkan PSG, namun tetap sebagai runner-up Grup B

Bayern Muenchen mampu mengalahkan PSG, namun tetap sebagai runner-up Grup B(AFP)

Dari Grup B, perebutan juara grup akhirnya dimenangi Paris Saint-Germain. Tim asuhan Unai Emery itu memang kalah dari Bayern Muenchen dengan skor 1-3 pada laga terakhir. Namun, PSG tetap di puncak lantaran unggul head to head. PSG dan Bayern sama-sama mengantongi 15 poin.

Sedangkan di Grup C, kekhawatiran publik akan nasib Atletico Madrid terwujud. Mereka gagal melaju ke babak 16-besar. Toh, kans Atletico memang berat. Dengan hanya mengantongi 7 poin, mereka harus bertandang ke kandang Chelsea pada laga pamungkas. Sementara pesaing terdekat, AS Roma, yang mengoleksi 8 angka, hanya menjamu Qarabag.

Mengharapkan Roma kalah atau seri saat menjamu Qarabag tentu hal yang sulit. Maklum saja, meski Atletico menang di kandang Chelsea, kalau Roma juga menang, mereka tetap tersingkir. Hasilnya memang tak meleset. Roma menang 1-0 atas Qarabag, sementara Atletico bermain imbang 1-1 di Stamford Bridge. Roma tak hanya mendampingi Chelsea, namun memastikan juara Grup C. Sementara, Atletico tersingkir.

Di Grup D, Juventus pun memastikan diri mendampingi Barcelona. Pada laga pamungkas fase grup, tim asuhan Massimiliano Allegri itu menang 2-0 di kandang Olympiakos Piraeus. Barcelona sendiri kokoh di puncak klasemen usai menang 2-0 atas Sporting CP.

Klasemen Akhir Grup A Hingga D Liga Champions 2017-2018
Grup A
1. Manchester United (15 poin) – 16 Besar
2. FC Basel (12 poin) – 16 Besar
3. CSKA Moskva (9 poin) – ke Liga Europa
4. Benfica (0 poin)

Grup B
1. Paris Saint-Germain (15 poin) – 16 Besar
2. Bayern Muenchen (15 poin) – 16 Besar
3. Celtic FC (3 poin) – ke Liga Europa
4. Anderlecht (3 poin)
*Celtic unggul head to head atas Anderlecht

Grup C
1. AS Roma (11 poin) – 16 Besar
2. Chelsea (11 poin) – 16 Besar
3. Atletico Madrid (7 poin) – ke Liga Europa
4. Qarabag (2 poin)
*AS Roma unggul head to head atas Chelsea

Grup D
1. Barcelona (14 poin) – 16 Besar
2. Juventus (11 poin) – 16 Besar
3. Sporting CP (7 poin) – ke Liga Europa
4. Olympiacos Piraeus (1 poin)

(epr/JPC)